Boediono Kembali Dipanggil KPK Dalam Kasus Bank Century

Boediono Kembali Dipanggil KPK Dalam Kasus Bank Century
Mantan wakil presiden Boediono adalah gubernur Bank Indonesia ketika Bank Century berlangsung pada tahun 2008. Setahun kemudian, ia berlari dengan Presiden yang saat itu berkuasa, Susilo Bambang Yudhoyono dalam pemilihan presiden. Boediono menjabat sebagai wakil presiden masa jabatan kedua Yudhoyono, yang berakhir pada tahun 2014. (tempo.co/Aditia Noviansyah)

loading…


Jakarta ,Zonasatu News -Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memulai penyelidikan baru terhadap dugaan korupsi seputar bailout Bank Century.

“Ini adalah penyelidikan baru terhadap kasus ini setelah Budi Mulya,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah pada hari Kamis, mengacu pada tersangka pertama dan satu-satunya yang disebutkan dalam kasus ini.

Budi, yang menjabat sebagai deputi gubernur Bank Indonesia (BI) pada masa itu, dinyatakan bersalah menyalahgunakan kewenangannya dengan menyalurkan bantuan keuangan jangka pendek (FPJP) senilai Rp 689 miliar untuk menjaga Bank Century tetap bertahan dan dengan mengklaim secara palsu bahwa bank menimbulkan ancaman sistemik terhadap industri keuangan negara, membuatnya memenuhi syarat untuk Rp 6,7 triliun dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Meskipun berulang kali dia mengklaim selama persidangan bahwa itu adalah keputusan kolektif dari otoritas moneter di bawah mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, panel hakim tidak yakin dan menjatuhkan hukuman 10 tahun pada tahun 2014.

Febri mengatakan bahwa pemrotes korupsi telah mempertanyakan 23 saksi untuk kasus baru.

Salah satu dari 23 saksi adalah mantan wakil presiden Boediono, yang menjabat sebagai gubernur BI pada 2008. Dia ditanyai oleh penyidik ​​KPK selama empat jam pada hari Kamis, (15/11) tetapi dia menolak untuk berbicara dengan wartawan setelah meninggalkan markas KPK.

Interogasi berlangsung hanya dua hari setelah KPK mempertanyakan mantan wakil gubernur BI Miranda Goeltom dan Wimboh Santoso – yang terakhir saat ini menjabat sebagai ketua Otoritas Jasa Keuangan.

Sumber : The  Jakarta Post

loading…


http://www.zonasatunews.com/wp-content/uploads/2018/12/pie-mbak-mia-e1544801707569.jpg

loading…



Tags: ,
banner 468x60