Molor hampir setahun, pemilihan anggota Dewan Energi Belum Ada Kejelasan

Molor hampir setahun, pemilihan anggota Dewan Energi Belum Ada Kejelasan
Dicky Edwin Hindarto




ZONASATUNEWS.COM –Rumor pembatalan 16 orang anggota Dewan Energi Nasional (DEN) masih terus bergulir.
Seperti diketahui, sejakeja tahun 2018 pemerintah telah meloloskan 16 calon anggota DEN dan menyodorkan ke Komisi VII DPR- RI untuk dilakukan fit and profer test. Hasilnya komisi energi akan menetapkan 8 anggota terpilih untuk disahkan oleh pemerintah.

Kepada media Sekretaris Jendral DEN, Djoko Siswanto menjelaskan, terkait dengan wacana pembatalan dan registrasi ulang calon anggota DEN mengungkapkan hal ini belum final dilakukan.

Sementara itu, salah satu calon anggota DEN, Dicky Edwin Hindarto saat dihubungi via telp menyatakan, ada kejanggalan terkait dengan pembatalan calon anggota DEN. Menurut dia, sebenarnya komisi VII DPR waktu itu hanya meminta pemerintah memperkuat kinerja DEN. Bukan harus membatalkan 16 anggota DEN unsur pemangku kepentingan yang sudah lolos fit and profer test.

“Pemerintah melalui Presiden sebagai ketua DEN bisa saja membatalkan, tetapi harus dengan alasan yang jelas. Apakah 16 calon ini tidak layak dan tidak punya kemampuan?,” kata Dicky melalui sambungan telepon di Jakarta.

Dia khawatir apabila pemerintah membatalkan calon anggota DEN terpilih, apalagi sampai harus melakukan registrasi ulang akan menimbulkan kesan tidak baik dan akan berdampak kepada masalah hukum.

Dicky berharap pemerintah segera menetapkan anggota DEN secara definitif untuk mengisi kekosongan yang terjadi sejak April 2019.

“Keberadaan DEN dari pemangku kepentingan sangat mendesak untuk memberi imbangan pemerintah di dalam mengatasi krisis energj. Sampai saat ini hampir satu tahun terjadi kekosongan di formasi DEN, dan hal ini harus segera diatasi mengingat ke depan permasalahan energi bukannya semakin ringan, tetapi akan semakin kompleks,” Jelas Dicky kepada ZONASATUNEWS.COM lewat saluran WhatsApp.

Editor : Budi Puryanto 

 







Tags: , , , ,
banner 468x60