Nafik : Rupiah Lemah, Sinyal Buruk Perekonomian Indonesia

Nafik : Rupiah Lemah, Sinyal Buruk Perekonomian Indonesia
Foto : DR. Muhammad Nafik Hadi Ryandono SE, M.Si

loading…


Zonasatu News – Ahli Ekonomi Syariah dan Pendiri Majelis Sarjana Ekonomi Islam (MASEI)DR. Muhammad Nafik Hadi Ryandono, SE M.Si menilai melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar adalah sinyal memburuknya kinerja perekonomian Indonesia.

“Depresiasi rupiah merupakan sinyal yang kaffah memburuknya kinerja perekonomian Indonesia,” kata Nafik, yang juga Ketua Umum Majelis Pengurus Pusat (MPP) MASEI, Minggu (7/10/2018).

Pria yang juga menjadi dosen di Unair ini menegaskan bahwa jika ada yang berpendapat ekonomi Indonesia tidak memburuk, maka dipastikan bukan pelaku ekonomi atau tidak mengerti persoalan ekonomi.

“Jadi jika masih ada yang berpendapat bahwa perekonomian Indonesia tidak sedang memburuk, pasti bukan pelaku ekonomi dan tidak tahu ekonomi. Dan itu hanyalah kebohongan serta pembodohan,” ungkapnya.

Nafik juga menjelaskan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar dipengaruhi oleh banyak faktor.

“Pertama, msyarakat banyak melepas rupiah ditukar dolar untuk keperluan, biaya ke luar negeri, membayar transaksi bisnis, dan lain-lain,” ucap Nafik.

Kemudian yang kedua, tambahnya, adalah spekulasi. Faktor ketiga, ekonomi dan produk-produk Indonesia kalah bersaing dengan ekonomi luar negeri.

“Keempat, impor lebih besar dari ekspor, kelima, faktor Politik. Selanjutnya, keenam, faktor pembangunan infrastruktur dibiayai oleh utang,” tandasnya.

loading…


http://www.zonasatunews.com/wp-content/uploads/2018/12/pie-mbak-mia-e1544801707569.jpg

loading…



Tags: , ,
banner 468x60