Petani Jeruk Ngawi Ini Sukses Produksi Minuman Lemon

Petani Jeruk Ngawi Ini Sukses Produksi Minuman Lemon
Muchtar. petani jeruk lemon dari Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur

Kami siap memasarkan hasil panen lemon ini dari para petani, agar para petani tidak bingung kemana akan menjual hasilnya–Muchtar

 

Ngawi, Zonasatu News–Jeruk lemon kalifornia, akhir – akhir ini namanya meroket. Dari erkotaan hingga ke pedesaan semua hampir mengenalinya. Jenis jeruk ini biasa dikonsumsi sarinya berupa air jeruj untuk diminum.
Banyak alasan para konsumen mengonsumsi lemon kalifornia ini, diantaranya untuk diet, mengurangi lemak hingga menurunkan kolesterol. Bahkan banyak yang mengkonsumsi dengan ditambah berbagai campuran bahan lain sebagai obat atau jamu.

memang harganya agak mahal dibanding lemon jenis lokal. Jenis kalifornia eceran di pasar antara 25 ribu hingga 30 ribu rupiah perkilogramnya, sedang jenis lokal antara 10 ribu hingga 15 ribu rupiah perkilogramnya.Namun jenis kalifornia lebih digemari.

Salah satu petani sukses itu adalah Muchtar Syafei, petani sekaligus pengelola para petani lemon kalifornia asal Dusun Gedoro, Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Pihaknya memiliki ratusan petani lemon kalifornia diwilayah lereng gunung Lawu yang meliputi wilayah Kabupaten Karang Anyar, Magetan dan Ngawi sendiri.

Sementara ini hasil panen para petani dikumpulkan jadi satu olehnya, untuk dipasarkan diberbagai wilayah.

“Kami siap memasarkan hasil panen lemon ini dari para petani, agar para petani tidak bingung kemana akan menjual hasilnya,” kata Muchtar kepada zonasatunews.com, Minggu (10/3)

Selain dipasarkan secara langsung, Muchtar juga mencoba memproses sendiri produksi jeruk lemonnya menjadi minuman. Yaitu diperas untuk diambil sarinya dikemas dalam botol siap dikonsumsi. Ada juga yang dicampur dengan madu dan jahe sebagai minuman berkhasiat jamu.

“Ini kita baru mencoba mas, semoga ada manfaatnya bagi penggemar lemon”, ungkapnya.

Saat ini setiap bulannya Muchtar telah memasarkan hampir satu ton lemon jenis kalifornia ke konsumen.

Tags:
banner 468x60