Wujudkan Produk Desa Goes Global, KEMI Bangun Sinergi Dengan Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreuner Yogya

Wujudkan Produk Desa Goes Global, KEMI Bangun Sinergi Dengan Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreuner Yogya
KEMI , pihak tenaga ahli G2R dari UGM Profesor Muda Rika,Dan pihak BSM Mandiri Jogja .

loading…


Kolaborasi KEMI dan G2R Tetrapreneur Yogyakarta sangat strategis dalam pengembangan potensi desa menuju “Desa Goes Global”

Jakarta , Zonasatu News –KEMI (Komunitas Eksporter Muda Indonesia) sebagai salah satu organisasi di Indonesia yang bertujuan untuk mengemban misi mengolah sumber daya alam Dan potensi daerah untuk menjadi produk yang bernilai tambah serta Berdaya saing global, maka diperlukan upaya sinergi dengan berbagai pihak ,terutama pihak pihak yang memiliki kepedulian Dan visi yang sama,maka KEMI telah mengadakan beberapa kerjasama baik dengan instansi pemerintah maupun non pemerintah.

Salah satunya adalah dengan Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreuner yang diawali dengan sebuah pertemuan informal di Jogjakarta pada hari senin 24 September 2018. Pertemuan Ini di ikuti oleh Ketua Umum KEMI Kustanto, tenaga ahli G2R Tetrapreuner Ibu Rika Fatimah P.L,S.T,.M.sc PH.D. serta dari pihak Bank Syariah Mandiri Kantor Regional Jogjakarta Ibu IRA Angreyila.

“Ini sedang dijadikan program unggulannya Sri Sultan HB X, Gub DIY.Sudah berjalan, Dan mereka gandeng KEMI untuk support Pengembangan produk sampai go global”, ujar Ketua KEMI, Kustanto kepada Zonasatu News, Jumat (28/9)

Berada pada jalur yang sama, Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur akan bekerjasama dengan Komunitas Ekspor Muda Indonesia (KEMI) dalam menggali dan mengangkat potensi desa untuk terjun di pasar global. Kerjasama ini akan diwujudkan dalam bentuk pendampingan oleh KEMI pada desa binaan G2R Tetrapreneur yaitu Desa Girirejo dan Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul pada fase Tetra 3 (pembentukan pasar berbasis kompetisi) G2R Tetrapreneur. Kolaborasi ini menjadi sangat strategis mengingat kompetensi dari KEMI dan G2R Tetrapreneur akan saling menyokong satu sama lain dalam pengembangan potensi desa.

KEMI , pihak tenaga ahli G2R dari UGM Profesor Muda Rika, dan pihak BSM Mandiri Yogyakarta

Secara garis besar peran yang akan dilakoni KEMI dalam kerjasama ini diantaranya adalah memberikan masukan terkait potensi sumber daya alam (SDA) atau hasil bumi yang dapat diolah dan dikembangkan oleh desa sesuai dengan kebutuhan pasar global, mempersiapkan produk potensial desa agar sesuai dengan segmentasi dan standar pasar global yang diwujudkan dengan pembinaan dan pelatihan strategi ekspor.

Selain pada pengembangan prosuk, KEMI didukung oleh para ahli di bidang product branding, pemasaran online, pameran dan expo, perjanjian perdagangan internasional dan lainnya siap untuk menjadi supportive partner bagi desa binaan. Seluruh kegiatan ini diharapkan dapat mengakselerasi tidak hanya kualitas produk namun juga kualitas sumber daya manusia di desa binaan G2R Tetrapreneur sehingga tercipta efektifitas dan efisiensi sesuai dengan kebutuhan pasar, terutama pasar global.

“Selama Ini sebenarnya banyak potensi di Desa yang belum trrgarap maksimal,karena sebagian besar Pemuda di Desa lebih yakin menatap masa depannya dengan bekerja di Kota besar. Padahal sebenarnya di Desa sendiri banyak potensi yang diberikan sentuhan sedikit dengan menyesuaikan kebutuhan pasar luar, pasti akan menemukan banyak inspirasi. Misal. Buah mengkudu ,atau bahasa lainnya pace, kalau Ini di keringkan lalu diproses sampai menjadi bubuk.mengkudu,maka harga bisa mencapai Rp. 300,000/ kg. Ini adalah potensi Ekonomi luar biasa besar”. Papar Kustanto

Senada dengan Kustanto, Tenaga ahli G2R Tetrapreuner yang juga aktif sebagai dosen di UGM Rika, panggilan Rika Fatimah P.L,S.T.,M.SC.,PH.D, menjelaskan lagi bahwa keberadaan program Ini akan sangat mendorong terciptanya pertumbuhan Ekonomi yang dimulai dari Desa. Bukan dimulai dari Kota lagi, sudah saatnya Desa menjadi senta sentra Ekonomi baru di seluruh Indonesia .

Sebagai langkah konkrit dalam mewujudkan kerjasama ini, G2R Tetrapreneur dan KEMI akan menindaklanjuti dengan adanya beberapa pertemuan diantaranya pembahasan kerjasama yang akan dihadiri oleh konseptor dan tenaga ahli G2R Tetrapreneur Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D. dan Ketua Umum KEMI Kustanto serta penyelenggaraan FGD bersama seluruh mitra G2R Tetrapreneur pada tanggal 16 Oktober 2018 yang akan mengagendakan penyusunan sistem penyelenggaraan pasar berbasis kompetisi (Tetra 3) bagi desa binaan G2R Tetrapreneur.

loading…


loading…



Tags: , ,
banner 468x60