Chris Komari : Mengenal Demokrasi Di California dan Bagaimana State of California Menjalankan Pemilu PAW Terhadap Gubernur Gavin Newsom

Chris Komari : Mengenal Demokrasi Di California dan Bagaimana State of California Menjalankan Pemilu PAW Terhadap Gubernur Gavin Newsom




Pelajaran study banding khusus buat anggota Commissioner KPU, BAWASLU, anggota DPR/DPD/MPR dan Partai Politik

Oleh: Chris Komari
Activist Democracy
Anggota CITY COUNCIL 2002 dan 2008
Contra Costa County, CALIFORNIA.

Hari ini (beberapa hari lalu, red) lewat kantor pos (by mail), saya baru menerima booklet dari Secretary of State California; Shirley N. Weber, setebal 31 halaman berupa information guide tentang California Gubernatorial Recall Election (Hak P.A.W election rakyat California terhadap Gubernur Gavin Newsome) yang ingin diganti secara paksa lewat special recall election.

Dalam booklet setebal 31 halaman itu berisi hampir semua informasi yang ingin diketahui oleh publik tentang Gubernatorial Recall Election di California, mulai dari:

1). Informasi tempat nyoblos,

2). Top 10 contributors dari proponent recall election ini,

3). Sambutan Secretary of State tentang apa, mengapa dan bagaimana recall election ini terjadi dan harus dilakukan,

4). Estimate biaya yg akan dikeluarkan untuk menjalankan recall election ini ($276 million), alasan dari para proponent recall election,

5). Jawaban dari Gubernur Gavin Newson yang di-recall,

6). Daftar para kandidat CAGUB dan public statementnya; ada 46 kandidat CAGUB yang terdiri dari 24 Republican, 9 Democrat, 10 Independent, 2 Green Party dan 1 Libertarian Party,

7). Informasi tentang tanggal voting, registrasi dan election day.

Bagaimana proses recall election (P.A.W election ) itu dilakukan di California…???

Secara umum akan saya jelaskan dibawah ini:

1). Sesuai dengan prinsip demokrasi #1; Sovereignty of the People (Kedaulatan Rakyat), maka rakyatlah yang berhak memilih Gubernur dan rakyatlah yang berhak memecatnya.

Siapa itu rakyat (the people)?

Siapa yang berhak menamakan dirinya atau yang berhak menyebut dirinya sebagai RAKYAT untuk bisa me-recall atau memecat seorang Gubernur dengan paksa lewat petition….???

Didalam scope, makna dan pengertian sovereignty of the people (kedaulatan rakyat) sebagai kelompok masayarakat, didalamnya ada individual sovereignty (kedaulatan pribadi) sesorang sebagai citizen (warga negara).

Kelompok dari beberapa individual (kumpulan beberapa orang) inilah, yang bisa disebut the people (rakyat).

Berapa orang bisa disebut kelompok (qualified group of people)?

Kelompok yang mewakili GEREJA atau MASJID adalah the people, kolompok yang mewakili PETANI adalah the people, kelompok yang mewakili organisasi adalah the people. Kelompok yang mewakili pelajar atau mahasiswa adalah the people, kelompok yang mewakili 100 orang atau 500 orang adalah the people, dsb.

2). Tetapi khusus untuk bisa merecall seorang pejabat publik seperti SENATOR, GUBERNUR, ASSEMBLY MEMBER, SUPERVISOR, MAYOR dan CITY COUNCIL, diatur dalam UU tersendiri untuk qualify dan bisa menyebut dirinya sebagai kelompok the people (rakyat), atau yang mewakili RAKYAT dan memiliki HAK untuk bisa me-recall seorang pejabat publik di depan Secretary of State, dengan mengajukan petisi yang didukung sekian % tanda tangan dari para proponents yang valid dan verifiable yang ditetapkan oleh KONTITUSI dan UU di California.

Secretary of State

Secretary of State adalah jabatan INDEPENDENT yg dipilih langsung oleh rakyat California dan tidak bekerja di bawah Gubernur California atau Lieutenant Gubernur (Wakil Gubernur).

Secretary of State adalah jabatan yang bisa di RECALL atau di P.A.W juga oleh rakyat California.

Semua jabatan publik atau pejabat publik di California, bisa di RECALL oleh rakyat California.

Persyaratan RECALL pejabat publik ditetapkan oleh California’s Constitution, Article II, Section 13-19, UU California Election Codes, Section 11000-11110 dan 11300-11386.

3). Untuk me-recall seorang Gubernur di California, diperlukan tanda tangan sebanyak 12% dari total DPT ketika Gubernur yang akan di recall itu terpilih menjadi Gubernur, yang terpencar minimal di 5 counties (5 propinsi).

Artinya 12% tanda tangan petisi itu tidak boleh dari 1 county saja, harus minimal dari 5 counties dan di California ada 58 counties.

Untuk jabatan MAYOR dan anggota CITY COUNCIL cukup 10% dari total DPT dimana Mayor atau anggota City Council yang akan direcall itu terpilih pada election sebelumnya.

4). Prosesnya sangat sederhana.

Proponent recall itu harus sudah siap mengantongi tanda tangan rakyat California sebanyak 12% lebih (untuk menutup invalid atau double entry), sebelum menghadap ke Secretary of State, karena akan ada batas waktu yang akan ditetapkan oleh Secretary of State.

Secara tertulis proponent recall itu menghadap Secretary of State dan mengajukan petisi secara tertulis dengan menyebutkan alasan-alasan mengapa ingin merecall pejabat publik tersebut.

5). Setelah menerima petition itu dan dianggap cukup, maka Secretary of State akan memberi specific waktu dan deadline, yakni 160 hari (sekitar 5 bulan lebih), setelah petisi di filed dikantor Secretary of State, bagi proponent recall election ini untuk mengumpulkan tanda tangan sebanyak 12% dari jumlah DPT election sebelumnya.

Dalam kasus recall election Governor Gavin Newsom diperlukan 1,495,709 valid petition signatures (represent 12% dari PILGUB 2018 dimana Gavin Newsom terpilih menjadi Gubernur Califonia) dari 5 counties dan dimasing-masing county harus ada minimal 1% dari DPT hasil election Gubernur sebelumnya tahun 2018.

Dan juga syarat lainya, seperti memberitahu Secretary of State, top 10 donatur atau contributors yang membiayai RECALL petition ini, yang nantinya oleh Secretary of State akan dipublished di booklet recall election guide, yang akan distribusikan ke semua eligible voters (DPT) untuk educate voters dan sebagai informasi publik.

Karena batas waktu 160 hari inilah, mengapa saya katakan diatas, para proponent recall biasanya sudah mengantongi 12% petisi tanda tangan dari rakyat California.

6). Ketika proponents recall ini memenuhi 12% petisi tanda tangan rakyat California yang valid dan verifiable, maka Secretary of State akan menentukan hari, tanggal dan recall election date, biasanya ada 2 category:

a). 131 hari bagi category initiative atau measure yang harus diajukan ke Secretary of State dan akan diikut sertakan atau dimasukan kedalam ballot surat suara yang akan dipilih (VOTED) oleh rakyat California dalam special election.

Seperti initiative untuk menaikan pajak penjualan (sales tax), jual State’s Bonds, County’s Bonds, School’s Bonds, etc., yang dikenal dengan istilah Bond Measure, dll yang harus minta persetujuan dari rakyat California.

Bersambung kehalaman berikutnya







banner 468x60