ITS Juara Umum Lomba Roboboat Di Florida, Ungguli MIT Dan Tel Aviv University

ITS Juara Umum Lomba Roboboat Di Florida, Ungguli MIT Dan Tel Aviv University
Tim Barunastra ITS yang menjuarai IRC 2022 di Florida AS.




ZONASATUNEWS.COM, SURABAYA – Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil meraih gelar juara umum dalam International Roboboat Competition (IRC) 2022 yang digelar di Florida, Amerika Serikat, baru-baru ini.

External Relations Tim Barunastra ITS Fatahillah Muhammad Daffa Shodiq mengatakan, bukan kali pertama timnya berlaga di ajang kompetisi prototipe robot kapal tersebut. Tim Barunastra ITS telah berpartisipasi pada ajang IRC yang diadakan oleh Association for Unmanned Vehicle Systems International (AUVSI) ini sejak tahun 2016 dan telah meraih banyak penghargaan selama keikutsertaannya.

“Pada tahun 2018 dan 2019 sendiri, Barunastra ITS berhasil menjadi Juara Umum IRC berturut-turut dan meraih titel back-to-back champions,” ungkap Fatahillah melalui siaran tertulisnya, Minggu (26/6/2022).

Prototpe robot kapal ciptaan Tim Barunastra ITS yang memenangi kompetisi International Roboboat Competition (IRC) 2022 yang digelar di Florida, Amerika Serikat (Foto: Humas ITS/zonasatunews.com)




Kompetisi IRC kali ini diikuti oleh berbagai universitas kelas dunia seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Michigan, Institute Tecnologico y de Extudios Superiores de Monterrey, Robotics Association of Embry-Riddle, AGH University of Science and Technology, Tel Aviv University, dan masih banyak lagi. Masing-masing tim berkompetisi dalam dua sublomba, yaitu Design & Documentation dan Autonomy Challenge.

Fatahillah memaparkan, pada sublomba Design & Documentation, peserta ditantang untuk membuat Technical Design Report mengenai kapal buatannya dan Competition Strategy yang dibagikan di YouTube.

“Sedangkan sublomba Autonomy Challenge menantang kapal peserta untuk menjalankan berbagai misi seperti Navigation Channel, Avoid the Crowds, Find a Seat at the Show, Snack Run, Skeeball Game, dan Water Blast,” terangnya.

International Roboboat Competition, Sarasota-Florida-USA, 2022.

Autonomy challenge
1st place: Barunastra – ITS – Indonesia
2nd place: Photon II – Embry-Riddle – USA
3th place: SAIL IL – Tel Aviv University – Israel
4th place: Arcturus – Massachusetts Institute of Technology – USA

Design Documentation
1st place: Barunastra – ITS – Indonesia
2nd place: Bengawan UV – UNS – Indonesia
3th place: Arcturus – Massachusetts Institute of Technology – USA
4th place: SAIL IL – Tel Aviv University – Israel

Tim Barunastra ITS yang berdiri sejak 2012 ini berhasil menyabet Juara I pada kedua sublomba tersebut. Tim Barunastra ITS menjadi satu-satunya tim yang berhasil menyelesaikan semua misi pada Autonomy Challenge.

“Dengan begitu, Tim Barunastra ITS berhasil meraih titel Juara Umum pada IRC 2022 ini,” tandas mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan ini dengan bangga.

Menurut Fatah, keberhasilan tersebut tidak luput dari inovasi yang dikembangkan oleh Tim Barunastra ITS. Dengan kapal Nala Theseus-nya, Barunastra mengusung konsep modularity sehingga dapat menampung banyak muatan di atas kapal. Konsep ini juga mempunyai prinsip desain yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil (modul).

Tim Barunastra ITS yang menjuarai IRC 2022 di Florida AS.

“Sehingga dapat dimodifikasi, diganti, atau ditukar secara independen dengan modul lainnya,” beber Fatah.

Selain itu, Tim Barunastra ITS juga mengembangkan sistem watertight hull yang membuat hull kapal Nala Theseus kedap air untuk keamanan komponen elektrikal di dalamnya.

“Inovasi ini dibuat karena pada tahun sebelumnya kapal buatan Barunastra ITS sempat mengalami kebocoran sehingga menyebabkan kerusakan komponen elektrikal,” tambahnya.

Untuk inovasi pada bagian penggerak, jelas Fatah, kapal Nala Theseus menggunakan sistem holonomic movement, sehingga kapal dapat bergerak secara holonomic atau bergerak tanpa mengubah arah hadap kapal. Sedangkan untuk sublomba Design & Documentation, Barunastra ITS menggunakan konsep retro futuristic pada video competition strategy.

“Tidak hanya itu, Barunastra ITS menggabungkan simulasi-simulasi 3D agar video mudah dipahami,” jelasnya.

Menanggapi prestasi membanggakan yang diraih Tim Barunastra ITS, Fatah berharap ini menjadi titik awal perkembangan kapal autonomous di Indonesia.

“Selain itu, harapannya nama Indonesia akan semakin terdengar di dunia maritim internasional, begitu pun dengan nama ITS, Barunastra ITS dan Robotika ITS,” ungkap Fatah.

Berikut penampilan Tim Roboboat ITS dalam putaran final. Tim berhasil menyelesaikan semua misi yang diberikan. Tim ITS menjadi satu-satunya tim yang berhasil menembak 3 bola tepat masuk sasaran.

“Ini keren karena saat nembak bola, sambil menjaga posisi usv pada posisi tembak meski wind and wave disturbances occur. And finally dapet 3 goals.Robot bergerak secara autonomous menggunakan sensor lidar, kamera, ultrasound dan GPS. ITS berhasil ungguli US,Tel Aviv. Luar biasa,” ucap Fatah bangga.

“Benar, ini misi yang paling sulit. Tidak ada Tim lain yang berhasil memasukkan bola. Meskipun mereka memakai sensor yang jauh lebih canggih dan muaaahal. Satu sensornya tim MIT seharga Tesla model 3. Sensor yang dipakai Tim ITS seharga motor Gesit. Tapi dengan semangat Sepuluh Nopember anak2 berhasil mengatasi semua kendala,” pungkas Fatah dalam keterangan tertulis lewat pesan pendek WhatsApp.

EDITOR: REYNA

 







banner 468x60