Kustanto : Geplak Dan Dodol Salak Yogya Masuk Turki

Kustanto : Geplak Dan Dodol Salak Yogya Masuk Turki




Zonasatu News –Banyak potensi olahan agro yang sebenarnya memiliki kesempatan untuk masuk ke pasar eksport dan mengangkat nama daerah asalnya.

Salah satu produk yang sudah masuk ke Turki untuk test pasar adalah dodol dan geplak dari buah salak pondoh. Olahan yang diberi nama merek Dodol Salak Agro dan Geplak Salak Agro ini diproduksi oleh UKM yang dibawah naungan KEMI Jogja dan sekaligus binaan Pemerintah Provinsi DIY melalui program G2R .




“Ini adalah program sinergitas antara berbagai pihak untuk mengolah potensi desa yang memiliki sumber daya agro untuk dijadikan produk unggulan desa tersebut. Dan kami KEMI Jogja mensupport UKM untuk menyiapkan produk sesuai dengan standard Dan kualitas eksport. Dari produk yang sudah memenuhi standard dan kualitas, langsung kami ajukan ke pusat untuk disupport dalam hal test pasar di negara tujuan,” Tutur Andromeda selaku Ketua KEMI Yogyakarta .

Pernyataan Andromeda diatas juga dibenarkan oleh Kustanto selaku Ketua Umum KEMI (Komunitas Eksporter Muda Indonesia) ketika dimintai konfirmasinya terkait masuknya produk tersebut ke Turki.

“Iya benar, itu adalah program KEMI untuk mensupport UKM di Jogja dalam hal memperluas pasar luar negeri. Kebetulan kita memiliki perwakilan KEMI di Turki yang bisa mensupport produk UKM masuk ke pasar pasar modern di Turki. Ini adalah bentuk tindak lanjut MoU antara KEMI dengan program G2R nya pemprov DIY tgl 31 Juli 2019 kemarin,” kata Kustanto.

“Ini tadi bu Lenny (perwakilan KEMI Turki) juga memberikan kabar akan order lagi, cuma minta bantuan shipping rate yang lebih murah lagi. Masyarakat Turki bilang kalau kue ini enak sekali,” tambah Kustanto.

Dari foto dan video yang diterima oleh kami, memperlihatkan beberapa warga Turki baik yang di dalam Supermarket atau duduk di pinggir jalan sangat menikmati dodol dan geplak salak Agro khas Jogjakarta tersebut.

Editor : Setyanegara

 







Tags: , , ,
banner 468x60