Menjual Indonesia Kepada Pengusaha Spanyol di Valladolid

Menjual Indonesia Kepada Pengusaha Spanyol di Valladolid
Dubes Muhammad Najib di kantor KADIN Valladolid untuk menyampaikan presentasi "Potensi dan Peluang Investasi di Indonesia", didepan para pengusaha Valladolid




ZONASATUNEWS.COM, VALLADOLID – Dubes Indonesia untuk Spanyol dan UNWTO, Dr Muhammad Najib melakukan presentasi dalam seminar tentang “Potensi dan Peluang Investasi di Indonesia”,  dihadapan kadin kota Valladolid Spanyol

Valladolid berjarak sekitar 200 km dari Madrid. Dubes Najib menempuh perjalanan darat selama 2 jam.

Selain mengundang Indonesia, Kadin Valladolid juga mengundang beberapa Dubes Negara ASEAN.

Dalam kesempatan itu Dubes Najib memperkenalkan Indonesia, sebuah negara besar dan kaya potensi alam, mulai mineral, tambang, hasil laut, hasil perkebunan, dan juga wisata.

Dubes Muhammad Najib di kantor KADIN Valladolid untuk menyampaikan presentasi “Potensi dan Peluang Investasi di Indonesia”, didepan para pengusaha Valladolid




“Indonesia itu wilayahnya sangat luas, kalau diukur jaraknya dari London sampai Iran. Memiliki 3 zona waktu. Tanahnya subur, kaya mineral dan tambang. Lautnya kaya berbagai jenis hayati, termasuk berbagai jenis ikan, termasuk gas dan minyak bumi. Kami sampaikan berinvestasi di Indonesia sangat menarik,” kata Dubes Najib, seperti dilansir dalam channel Youtube Wisam Duta RI Madrid.

Dubes juga menyampaikan tentang bisnis ekonomi digital yang sangat menarik di Indoensia. Sudah ada 8 unicorn dari berbagai bisnis. Selain itu, juga disampaikan produk unggulan ekspor Indonesia seperti minyak kelapa sawit (CPO) dan KKO sebagai bahan baku coklat, kopi, dan berbagai produk lain.

Indonesia tidak saja menairk untuk investasi, katanya, tetapi juga menarik sebagai tujuan wisata. Alamnya sangat indah, masyarakatnya ramah, infrastrukturnya terus dibangun, baik jalan,pelabuhan maupun bandara.

Selain itu, kata Dubes Najib, kerjasama industri antara Indonesia-Spanyol sudah lama dirintis. Mulai kerjasama industri pesawat CASA-NURTANIO, yang kemudian menjadi PTDI saat ini.

“Indonesia sangat menarik untuk kerjasama membangun kapal laut. Apalagi industri kapal di Spanyol berkembang sangat bagus. Kereta api dan industri pertahanan juga sangat menjanjikan untuk dikerjasamakan,” ungkap Dubes Najib.

Dubes Muhammad Najib di kantor KADIN Valladolid untuk menyampaikan presentasi “Potensi dan Peluang Investasi di Indonesia”, didepan para pengusaha Valladolid

Menurut Dubes Najib, Valladolid ini sangat menarik karena sangat unggul dalam produk pertaniannya. Misalnya, sudah bisa memproduksi wine tanpa alkohol. Paling tidak ada 5 merek wine berasal dari tempat ini.

“Dan saya menyampaikan bahwa meningkatnya kelas menengah muslim di Indonesia, bagaimana membuat wine yang halal tanpa alkohol. Seagaimana sekarang bir tanpa alkohol sudah berhasil diproduksi. Dan saya surprise diberitahu salah satu perusahaan disini sudah berhasil membuat wine halal tanpa alkohol. Karena itu saya langsung mendapat undangan untuk mengunjungi pabriknya, dan dalam waktu dekat saya akan dijamu dipabrik wine yang halal tersebut,” papar Dubes Najib.

Dubes Muhammad Najib sedang berdiskusi dengan para pengusaha Valladolid, Spanyol

Selain agrobisnis, menurut Dubes Najib, industri Green Energi juga sangat berkembang dikota ini, selain turisme, dan juga industri alat kesehatan.

Bahka berbagai sekolah seperti Sekolah bisnis, sekolah agrobisnis, sekolah kuliner, yang dikelola KADIN Valladolid ini sangat maju.

“Secara umum kerjasama dibidang pendidikan sangat menjanjikan, termasuk pendidikan tinggi S2 dan S3. Semoga dalam waktu dekat banyak kolaborasi yang bisa kita buat untuk meningkatkan kesejahteraan kedua negara, baik Indonesia maupun Spanyol,” pungkas Dubes Najib.

EDITOR: REYNA







banner 468x60