Jengkel, Miliarder Ini Peringatkan Bangsanya : Kerja Sama Dengan China Hanya Akan Menambah Kemiskinan

Jengkel, Miliarder Ini Peringatkan Bangsanya : Kerja Sama Dengan China Hanya Akan Menambah Kemiskinan




Buenos Aires – Miliarder senior Eduardo Eurnekián (86) asal Argentina memperingatkan tokoh politik di negaranya agar jangan mendekati China demi uang. Ia menyebut hal itu justru menambah kemiskinan.

Dilansir Buenos Aires Times, Eduardo mengatakan itu pada Alberto Fernandez, capres populer yang diprediksi akan menang pada pilpres bulan Oktober. Alberto Fernandez diperkirakan akan meminta dana ke China untuk menjaga keuangan pemerintahan.

Sementara, miliarder Eduardo menyebut kerja sama dengan AS lebih menguntungkan Argentina.

“Meninggalkan AS lagi dan membuat aliansi dengan China untuk mendapat pendanaan adalah sebuah kesalahan besar,” ujar Eduardo. “Membangun aliansi dengan China hanya akan menciptakan lebih banyak kemiskinan,” lanjutnya.

Antara 2005 dan 2017, para pemimpin politik sayap kiri di Amerika Selatan kerap mendapat utang dari China. Total utang adalah sebanyak USD 75 miliar, 91 persen dari dana itu diterima Venezuela, Brasil, Argentina, dan Ekuador.

Eurnekian yang terkenal kritis pada pemerintahan berkata alinasi dengan Amerika Serikat (AS) justru lebih baik, karena gaya liberal AS berdasarkan pada prinsip yang menghasilkan progres dan kesejahteraan. Kesalahan memilih sekutu dipandang fatal bagi Argentina.

“Jika negara berkomitmen pada kesalahan geopolitik baru seperti yang terjadi beberapa kali dalam 80 terakhir karena salah memilih sekutu politik, maka Argentina akan menjadi gagal,” ujar sang miliarder.

Eduardo Eurnekian berasal dari keluarga Armenia yang berimigrasi ke Argentina. Perusahaannya, Corporacion America, mengoperasikan lebih dari 50 bandara di seluruh dunia. Forbes mencatat hartanya sebesar USD 1,2 miliar atau Rp 16,8 triliun (USD 1 = Rp 14.065).

Editor : Setyanegara







Tags: , ,
banner 468x60