Philipina Memiliki Hubungan Istimewa Dengan Spanyol

Philipina Memiliki Hubungan Istimewa Dengan Spanyol
Dubes RI untuk Spanyol, Dr Muhammad Najib (kiri) bersama Dubes Philipina untuk Spanyol, Felipe Luis




ZONASATUNEWS.COM, MADRID – Duta Besar RI untuk Spanyol dan UNWTO Dr Muhammad Najib saat ini sedang mengunjungi Monumen Jose Rizal, seorang pahlawan Nasional Philipina.

Jose Rizal sempat sekolah di Spanyol sebelum akhirnya berjuang untuk kemerdekaan bangsa dan negaranya.

Dubes RI untuk Spanyol Dr Muhammad Najib di Monumen Jose Rizal




Dubes Najib hadir memenuhi undangan Dubes Philipina di Spanyol Felipe Luis, untuk ikut memeriahkan 75 Tahun hubungan Philipina-Spanyol.

“Saya berkewajiban datang, bukan saja Philipina adalah tetangga kita yang cukup penting, tetapi juga Philipina adalah anggota ASEAN, dan saat ini Indonesia menjadi ketua ACM (ASEAN Committe in Madrid), yaitu organisasi Dubes-Dubes negara ASEAN di kota Madrid,” kata Dubes Muhammad Najib.

Menurut Dubes Najb ada 5 Duta besar ASEAN di Kota Madrid. Selain Indonesia ada Duta Besar Philipna, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Dubes Muhammad Najib dan dubes negara lain hadir pada peringatan 75 tahun hubungan Philipina-Spanyol

Dipilihnya tempat ini (Monumen Jose Rizal) karena Jose Rizal merupakan pahlawan yang dianggap penting untuk jadi jembatan antara Philipina dan Spanyol.Philipina merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang dijajah Spanyol.

Sedang yang lainnya, seperti Indonesia dijajah Belanda. Singapura dan Malayasia dijajah oleh Inggris. Kamboja dan Vietnam dijajah oleh Perancis.

Dubes Muhammad Najib dan dubes negara lain hadir pada peringatan 75 tahun hubungan Philipina-Spanyol

Saat ini Philipina adalah negara paling penting bagi Spanyol, selain karena bekas jajahannya, juga masyarakat Philipina jumlahnya terbesar diantara negara-negara ASEAN lainnya di Spanyol ini.

“Ada sekitar lebih dari 11.000 warga negara Philpina disini. Ada yang bekerja, mengajar, maupun sekolah. Karena itu saya berkewajiban hadir di tempat ini untuk menunjukkan respek terhadap masyarakat Philipina. Juga kesempatan ini saya pergunakan untuk bertemu dengan diplomat asing yang hadir. Semoga, cepat atau lambat kehadiran saya ditepat ini akan membawa manfaat,” ungkap Dubes Najib.

EDITOR: REYNA







banner 468x60