Profil Muhammad Najib, Dubes Kerajaan Spanyol

Profil Muhammad Najib, Dubes Kerajaan Spanyol
Dr.Muhammad Najib, Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol dan UNWTO dalam webinar peluncuran bukunya berjudul ‘Mengapa Umat Islam Tertinggal?’ pada Selasa sore (9/11)




ZONASATUNEWS.COM  – Simak profil Muhammad Najib yang baru saja dilantik menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (dubes LBBP) untuk Kerajaan Spanyol di Madrid.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 17 duta besar untuk sejumlah negara sahabat di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/10/2021).

Pengangkatan para dubes LBBP RI ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 127/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Satu di antara ke-17 dubes tersebut, yakni Muhammad Najib yang dilantik menjadi dubes untuk Kerajaan Spanyol, dan merangkap organisasi pariwisata dunia PBB.

Mengutip laman muhammadnajib.weebly.com, Senin (25/10/2021), berikut profil Muhammad Najib:

Ir Muhammad Najib, MSc dilahir di Singaraja, Bali pada 9 Agustus 1960.

Muhammad Najib menikah dengan Hafizah dan dikaruniai empat orang anak.

Pendidikannya ditempuh dari SMA Taman Pendidikan “45” yang bertempat di kota kelahirannya.

Ia kemudian melanjutkan studinya di S1 Jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Dan selanjutnya mengambil pendidikan pascasarjana di bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung (ITB) sekaligus mengambil program doktoral di bidang Ilmu Politik di PascaSarjana Universitas Nasional (UNAS) Jakarta.

Najib, selain sebagai politisi dia juga adalah seorang pengajar, penulis buku, dan essay/opini tentang demokrasi dan Islam. Tulisannya dapat ditemukan diberbagai media seperti ZONASATUNEWS.COM, RMOL, media muhammadiyah, serta yang lainnya.

Ia mengawali pengabdiannya sebagai seorang dosen di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Ia kemudian menjadi Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) hingga sekarang dan menjabat sebagai Komisi VII DPR RI fraksi PAN.

Pengalamannya berorganisasi dimulai dari Ketua HMI Cabang Surabaya.

Aktivitas berorganisasi dilanjutkan di Persyarikatan Muhammadiyah, yakni dimulai dari Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur.

Kemudian, dipercaya sebagai Sekjen Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah dan selanjutnya sebagai Ketua Hubungan Luar Negeri Muhammadiyah.

Bahkan, Najib juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Fraksi PAN DPR RI dan kini masih aktif sebagai Ketua Hubungan Luar Negri dan Diaspora DPP PAN.

Sebagai anggota dewan, Najib ingin memperjuangkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Termasuk ingin meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia dalam kancah Internasional.

Ucapan atas pelantikannya datang dari berbagai pihak seperti ITS Surabaya (almamaternya), kolega politiknya, Kahmi, serta para sahabat.

Atas pelantikannya menjadi dubes LBBP untuk Kerajaan Spanyol di Madrid, Najib mendapatkan ucapan dari almamaternya, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas ITS Surabaya.

Mengutip website resmi ITS Surabaya, www.its.ac.id, Senin (25/10/2021), segenap instansi pendidikan tersebut memberikan ucapan selamat kepada Najib, yang bertuliskan:

“Seluruh keluarga besar Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas Institut Teknologi Sepuluh November (mengucapkan) selamat dan sukses untuk Dr.Ir. Muhammad Najib, M.Si. (Alumni Teknik Elektro ITS, E21) sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Spanyol,” tulis ucapan instansi pendidikan tersebut.

Editor : Reyna 







banner 468x60