Setelah G20 Summit, Kini Indonesia Mendapatkan Perhatian Dunia

Setelah G20 Summit, Kini Indonesia Mendapatkan Perhatian Dunia
Duta Besar RI untuk Spanyol Dr Muhammad Najib (kiri) berbincang dengan Duta Besar China di Spanyol, Wu Hitao (kanan). Dubes Muhammad Najib dan Dubes ASEAN diundang makan malam di kediaman Dubes Wu Hitao, Kamis (17/11/2022).




ZONASATUNEWS.COM, MADRID – Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Spanyol, Dr Muhammad Najib mendapatkan undangan dari Dubes China di Madrid, Wu Hitao. Dubes negara-negara ASEAN juga turut diundang.

“Malam ini saya menerima undangan makan malam dari Duta Besar China di Madrid, Wu Hitao. Bersama saya juga ada 5 Duta Besar negara-negara ASEAN yang juga diundang,” kata Dubes Muhammad Najib melalui channel youtube Wisma Duta RI Madrid.

Dubes Najib mengatakan, undangan tersebut bersifat informal. Dia diundang baik kapasitasnya sebagai Duta Besar ataupun sebagai Koordinator ACM (ASEAN Committe in Madrid), atau Koordinator Dubes-Dubes ASEAN di Madrid.

Dubes Muhammad Najib dan Dubes negara ASEAN diundang makan malam oleh Dubes China di Spanyol Mr Wu Hitao, Kamis (17/11/2022)




Pertemuan tersebut bersaman dengan G20 ditutup di Bali, dan Presiden China Xi Jin Ping telah meninggalkan Bali untuk kembali ke negaranya.

Ada beberapa hal yang disampaikan Dubes China kepada Dubes Najib. Pertama, Dubes China menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Indonesia. Karena Indonesai sebagai tuan rumah, delegasi China dilayani sedemikian baiknya.

Yang kedua, Dubes China juga menampaikan selamat kepada Indonesia sebagai tuan rumah sekaligus sebagai pimpinan G20 itu sukses melaksanakan Summit di Bali.

“Sukses dalam arti karena begitu banyaknya kepala negara yang hadir. Sukses dalam arti berhasil melahirkan resolusi. Walaupun beliau juga menyampaikan ini situasi tidak mudah, karena ketegangan diantara berbagai negara akibat perang Ukraina itu terasa sekali mempengaruhi. Dan Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik, memberikan perhatian kepada semuanya, dan berusaha mencarikan jalan tengah solusi yang bisa diterima oleh smeua pihak,” jelas Dubes Najib.

Dubes Muhammad Najib dan Dubes negara ASEAN diundang makan malam oleh Dubes China di Spanyol Mr Wu Hitao, Kamis (17/11/2022)

Secara protokoler Dubes Najib merasa terhormat, karena selalu diletakkan tempat duduknya disamping Dubes China. Ini menunjukkan perhatian China kepada Indonesia, hormat China kepada Indonesia tinggi sekali.

Walaupun pembicaraan informal, Mr Wu tampak mengikuti secara khusus dan melaporkan ke Beijing rencana pertemuan malam ini. Sehingga banyak informasi penting yang diberikan oleh Mr Wu tersebut secara langsung.

Tentu saja, kata Dubes Najib, pihaknya juga berbagi informasi bagaimana situasi Spanyol secara khsusus dan kawasan Uni Eropa secara umum. Dubes Najib merasa senang sekali karena banyak sekali informasi yang diterima dari para Dubes yang hadir, baik dari Dubes China, Dubes Malaysia, Dubes Vietnam, maupun Dubes Filiphina.

Duta Besar RI untuk Spanyol Dr Muhammad Najib (kiri) berbincang dengan Duta Besar China di Spanyol, Wu Hitao (kanan). Dubes Muhammad Najib dan Dubes ASEAN diundang makan malam di kediaman Dubes Wu Hitao

“Semua yang hadir merasakan hal yang sama dengan yang saya rasakan. Perhatian Spanyol kepada negara-negara Asia Tenggara saat ini sangat besar. Jauh lebih besar dibandingkan masa-masa sebelumnya,” ungkap Dubes Najib.

Selain itu, lanjutnya, negara Eropa yang berkomunikasi dengan kita disini juga memberikan hal yang sama.

Jadi, sekarang ada keyakinan, bahwa skala ekonomi di Asia khususnya Asia Timur, dimana negara-negara ASEAN itu berada paling bawah atau disebut Asia Tenggara ini akan mendominasi aktivitas ekonomi kedepan.

” Ini belum lagi implikasi dari perang Ukraina terkait masalah energi dan ekonomi yang lainnya tentu akan mengganggu aktivitas ekonomi di kawasan Uni Eropa ini, sehingga mereka ingin mengaitkan secara langsung aktivitas ekonominya dnegan negara-negara di kawasan Asia Timur,” ungkap Dubes Najib.

Belakangan isu Indo Pacific ini menjadi banyak perbincangan sehingga perhatian kepada negara-negara di kawasan Asia Pacific dan Samudra Hindia menjadi semakin besar.

Duta Besar RI untuk Spanyol Dr Muhammad Najib (kiri) berbincang dengan Duta Besar China di Spanyol, Wu Hitao (kanan). Dubes Muhammad Najib dan Dubes ASEAN diundang makan malam di kediaman Dubes Wu Hitao, Kamis (17/11/2022).

“Nah saya sebagai Duta Besar RI di Madrid ini mencoba memanfaatkan momentum ini, imaged positip kepada Indonesia, perhatian yang besar kepada Indonesia itu ditunjukkan oleh Perdana Menteri (Spanyol) Pedro Sanchez sebagai undangan khsusus dari tuan rumah diluar negara anggota G20, dan di Spanyol ini mendapatkan aprisiasi dari media yang luar biasa. Yang tadinya orang Spanyol itu hanya tahu Bali, tidak tahu Indonesia, nah sekarang tahu Bali dan tahu Indonesia,” lanjut Dubes Najib.

Menurutnya, ini semua harus dilihat sebagai peluang. Dubes Najib dan para diplomat di KBRI Madrid tersebut berusaha keras memanfaatkan momentum ini.

Dubes Najib berharap kedepan semuanya dapat berbuah baik yang terkait denga ekonomi, maupun hal-hal lain yang akan membawa manfaat bai masyarakat Indonesia secara keseluruhan, dan tentunya bagi bangsa dan negara.

EDITOR: REYNA







banner 468x60