Sayur Lodeh : Hidangan Jawa Untuk Mengusir Wabah

Sayur Lodeh : Hidangan Jawa Untuk Mengusir Wabah




Menurut legenda, ketika wabah datang ke kota Yogyakarta, Sultan memerintahkan warganya untuk memasak sayur lodeh dan tinggal di rumah selama 49 hari. Dan wabah  itu berakhir.

Oleh Scott Anthony

Menurut legenda, ketika wabah datang ke kota Yogyakarta di pulau Jawa Indonesia, Sultan memerintahkan warganya untuk memasak sayur lodeh dan tinggal di rumah selama 49 hari. Wabah itu berakhir. Maka dimulailah latihan yang berlanjut hingga hari ini.

Sayur lodeh adalah sayur kari sederhana yang terbuat dari tujuh bahan utama dan bumbu santan pedas. Ahli gizi yang telah mempelajari hidangan menunjukkan manfaat tambahan kesehatan seperti lengkuas, yang dianggap memiliki kualitas anti-inflamasi. Mereka menduga bahwa hidangan seperti itu, dibuat dari bahan musiman, mudah didapat, menjadikannya sempurna untuk karantina.

Tetapi yang paling penting tentang perintah sultan untuk memasak sayur lodeh adalah bahwa hal itu merupakan daya tarik bagi solidaritas sosial. Seluruh kota yang memasak hal yang sama pada saat yang sama menciptakan rasa kebersamaan yang kuat.

“Seperti banyak aspek kepercayaan orang Jawa, tujuannya adalah untuk menghindari kemalangan,” kata Revianto Budi Santoso, seorang arsitek, guru, dan siswa warisan Jawa.

“Menghindari hal-hal buruk diprioritaskan daripada mencapai sesuatu secara individual. Orang Jawa berpikir bahwa ketika tidak ada halangan, kehidupan menjaga dirinya sendiri. ”

Makanan Jawa secara keseluruhan kaya akan simbolisme. Misalnya, nasi tumpeng adalah campuran daging dan sayuran yang dimahkotai oleh menara nasi kuning berbentuk kerucut. Presentasi hidangan seharusnya mencerminkan tatanan dunia di bawah Tuhan.

Nasi kuning adalah hidangan nasi aromatik yang dianggap membawa berkah bagi rumah dan bisnis baru. Dan jamu minuman kunyit mengambil namanya dari kata Jawa yang berarti “doa untuk kesehatan” dan diklaim untuk mempromosikan ketenangan.

Sumber : BBC 

EDITOR : SETYANEGARA 







Tags:
banner 468x60