Berharap tuah politik Jokowi : anak, menantu, ipar, dan besan, rame-rame maju di Pilkada

Berharap tuah politik Jokowi : anak, menantu, ipar, dan besan, rame-rame maju di Pilkada




ZONASATUNEWS.COM–Keluarga besar Presiden Jokowi akan beradu untung memperebutkan kursi walikota dan bupati dalam pilkada serentak tahun ini. Selain anak, menantu, ipar, ditambah lagi dengan besan (paman menantu).Hal ini mendapat sorotan dari pengamat politik Paramadina Public Policy Institute

“Rencana anak, menantu, ipar, hingga besan Jokowi maju pilkada selain berpotensi menjadi beban politik bagi presiden, juga membuka peluang terjadinya penyalahgunaan kekuasaan atau abuse of power,” kata Direktur Paramadina Public Policy Institute, Ahmad Khoirul Umam, seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Senin (3/2).

Dengan posisi sebagai RI satu serta majunya keluarga Jokowi, instrumen-instrumen negara seperti TNI, Polri, BIN hingga di bidang birokrasi tak lagi bisa dijamin netralitasnya.

“Sebaliknya, dalam budaya politik patriarkal, alat-alat negara itu berpotensi menjadi alat politik yang menguntungkan tuannya,” lanjutnya. Ia pun menyesalkan sikap politik presiden yang terkesan berdiam diri saat keluarganya hendak berpolitik. Sebab, mau tidak mau hal itu akan menjadi stigma negatif masyarakat kepadanya.




Anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka berencana maju Calon Walikota Solo-Jawa Tengah

Seharusnya Jokowi bisa mengerem hasrat politik keluarganya, hingga dia berhenti dari posisi tertinggi di kekuasaan. Begitulah etika politik harus dijalankan, bukan asal gemar mengumbar cerita ‘anak-anak saya tidak ada yang doyan berpolitik, lebih suka jualan martabak dan pisang’, tetapi perlu menerapkan prinsip integritas kepada orang-orang di sekitarnya,” sesalnya.

Keluarga Jokowi terjun ke politik dalam pilkada serentak tahun 2020 : Anak, menantu, ipar, besan (paman menantu)

Keempatnya akan berharap berkah politik Jokowi, bertarung di 4 kabupaten kota. 

1. Anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.
Anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo. Gibran bahkan sudah mendaftar sebagai kader PDIP.

Ia pun sudah mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Solo lewat DPD PDIP Jawa Tengah. Gibran memutuskan maju lewat PDIP Jawa Tengah setelah jajaran PDIP Solo menutup pintu pendaftaran.

Keputusan Gibran maju ini memunculkan polemik di internal partai. Sebab, di Solo, PDIP sudah punya calon kuat yaitu Achmad Purnomo, yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo.

Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengatakan keputusan siapa yang akan dipilih oleh PDIP ada di tangan Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

2. Menantu Jokowi, Bobby Nasution.
Menantu Jokowi, Bobby Nasution, akan maju di pemilihan Wali Kota Medan, Sumatera Utara. Bobby sudah mencari dukungan di PDIP dan Partai Golkar.

Bobby telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Medan lewat PDIP. Ia telah mengembalikan berkas ke PDIP Medan pada Rabu, 4 Desember 2019. Sedangkan di Golkar Bobby mengembalikan berkas formulir pada 13 Desember 2019.

Menantu Jokowi, Boby Afif Nasution, akan memperubutkan kursi walikota Medan

Rencana Bobby ini sempat ditentang oleh Pengurus Anak Cabang PDIP di Medan. Menanggapi hal tersebut, DPP langsung menegur PAC.

“PAC sudah kami tegur karena untuk menyampaikan kebijakan kebijakan strategis terkait dengan Pilkada itu berada di Dewan Pimpinan Pusat Partai,” ujar Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu 8 Januari 2020.

3. Adik Ipar Jokowi, Wahyu Purwanto

Wahyu Purwanto adalah suami dari adik kandung Jokowi. Ia menyatakan ketertarikan maju di Pemilihan Bupati Gunung Kidul. Rektor Universitas Gunung Kidul ini mengaku cinta terhadap daerah tersebut dan mengerti dinamika daerah tersebut selama menjabat rektor selama 8 tahun.

Wahyu mengaku serius dengan rencananya ini, bahkan sudah merumuskan beberapa solusi untuk persoalan yang ada di Gunung Kidul.

4. Paman Menantu Jokowi, Doli Sinomba Siregar.
Doli Sinomba Siregar merupakan keluarga dari besan Jokowi. Ia adalah paman dari Bobby Nasution. Doli menyatakan niatnya maju dalam kontestasi pemilihan Bupati Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Doli merupakan kader Partai Golkar. Bersama Bobby ia sudah menyerahkan berkas formulir pendaftaran ke DPP Golkar secara bersama-sama pada 13 Desember 2019 lalu. Selain Golkar Doli juga mendaftar penjaringan melalui PPP, PDIP, dan Hanura.

Editor : Setyanegara







Tags: , , ,
banner 468x60