Catatan Pilkada Surabaya (1) : Mujiaman, Bakat Pemimpin Sejak Mahasiswa

Catatan Pilkada Surabaya (1) : Mujiaman, Bakat Pemimpin Sejak Mahasiswa
Mujiaman, mantan Dirut PDAM Surya Sembada kota Surabaya. Calon Wakil Walikota Surabaya.




ZONASATUNEWS.COM,SURABAYA–Jagad politik kota Surabaya dikejutkan dengan munculnya nama baru. Mujiaman. Nama lengkapnya Mujiaman Sukirno. Siapa orang ini? Tiba-tiba muncul dirimba politik?
Begitu muncul langsung menjadi Calon Wakil Walikota Surabaya.

Dia bukan politisi. Dia profesional. Tiga tahun terakhir ini urusi kebutuhan air warga Surabaya. Dia Direktur PDAM Kota Suabaya 2018-2020. Masyarakat Surabaya bisa merasakan sentuhan Mujiaman dalam menjamin kebutuhan air warga Surabaya.

Dia memang bukan politisi. Tetapi Calon Walikota MA (Machfud Arifin) yang diusung 8 partaiitu  justru jatuh hati kepada Mujiaman. Banyak politisi yang berebut mendampingi mantan Kapolda Jatim yang diusung 8 partai koalisi yakni Partai Nasdem, PKB, Gerindra, PAN, PPP, Demokrat, PKS, dan Partai Golkar.

Dia memang baru dalam jagad politik. tetapi bukan orang baru dalam berorganisasi. Dalam memimpin orang. Dia punya bakat kepemimpinan kuat sejak mahasiswa. Kok tahu? Ya, Cak Mujiaman adalah senior saya di Teknik Kimia ITS. Juga senior saya sebagai aktivis mahasiswa di ITS.

Tahun 1989 dia menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatekk). Di ITS pemilihan ketua himpunan itu seru. Kandidatnya bebas berapapun jumlahnya. Tidak ada batasan berapa pendukungnya. Makin banyak makin bagus. Karena akan makin rame. Begitu pikiran mahasiswa.

Pasangan Machfud Arifin – Mujiaman mendaftar ke KPU Surabaya dilepas putra Dahlan Iskan, Azrul Ananda, Minggu (6/9/2020) sore.




Kandidat bisa berkampanye secara bebas. Menempel poster, melakukan propaganda, agitasi, melakukan “intrik-intrik politik”, menyebar isu dan “fitnah” politik ala mahasiswa.Tapi tidak ada money politik. Semua dibangun atas dasar idealisme dan hoby.

Yang paling seru dan menegangkan, tapi inilah yang paling ditunggu-tunggu. Adalah kampanye dan debat terbuka antar calon ketua. Disini mental dan nyali diuji. Seluruh mahasiswa dari semua angkatan dibolehkan hadir. Sekadar melihat calon atau benar-benar ingin menguji nyali calon ketua.

Pertanyaan aneh dan tajam tak jarang dilontarkan. Hingga kadang-kadang suasana menjadi panas, akibat “bentrokan” antar pendukung calon.

Tingkat nasional

Tahun 1990 Mujiaman berhasil terpilih sebagai Sekjen BKKMTKI (Badan Koordinasi kegiatan Mahsiswa Teknik Kimia Indonesia). Ini adalah wadah kegiatan mahasiswa Teknik Kimia se-Indonesia. Dari sini Mujiaman punya pengalaman memimpin mahasiswa tingkat nasional.

Saya sering bertemu dengannya diforum-forum nasional. Sama-sama sebagai aktivis mahasiswa. Bedanya, saya mewakili ITS dan dia sebagai Sekjen BKKMTKI. Di organisasi nasional ini, nama Mujiaman mulai dikenal secara nasional.Ketokohannya diakui oleh berbagai kampus di Indonesia.

Setelah luluspun dia juga aktif di organisasi alumni ITS. Bahkan sekarang dipercaya sebagai ketua harian IKA ITS tersebutt.

Mujiaman memang bukan politisi. Tapi seorang leader. Inilah yang dibutuhkan bagi kota seperti Surabaya.

Penulis : Budi Puryanto

EDITOR : SETYANEGARA

 







Tags: ,
banner 468x60