Daniel M Rosyid: UUD Hasil Amandemen Sudah Sangat Liberal

Daniel M Rosyid: UUD Hasil Amandemen Sudah Sangat Liberal
Acara halal bihala ini dilaksanakan hari Minggu, 9 Juni 2019, di Surabaya Timur, dengan dihadiri oleh beberapa alumni ITS dari berbagai wilayah di Indonesia. Juga hadir beberapa undangan dari berbagai organisasi sosial kemasyarakatan di Jatim. 

Surabaya, Zonasatu News –Acara halal bihalal yang dilakukan oleh Pascal ITS 02 diisi dengan orasi kebangsaan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Daniel M Rosyid, PhD, Minggu (9/6/2019).

Menurut Daniel, bahwa bicara kebagsaan itu tidak hanya persoalan negara, tapi bagaimana mengisi state dengan cita cita. Sebagaimana yang disampaikan oleh Bung Karno, dalam pledoinya Indonesia Menggugat. Dalam pledoinya, Bung Karno menginginkan bahwa konsep bernegara dan berwarganegara harus mencerminkan apa yang menjadi cita cita dan tujuan negara ini diproklamirkan sebagai negara merdeka.

Sebagai warga negara, lanjut Daniel, kita harus menumbuhkan jiwa merdeka, jiwa merdeka merupakan tema pokok UUD 1945.

“Namun yang berkembang adalah konsep sebagai buruh. Konsep yang dibangun dengan menentukan kompetensi. Nah inilah yang dikuatirkan oleh Bung Karno, agar kita tidak menjadi bangsa kuli. Ki Hajar Dewantara juga menegaskan bahwa pendidikan itu didedikasikan untuk membangun jiwa merdeka,” katanya.

Oleh karenanya kalau kita mau merancang Indonesia kedepan, maka tugas tugas demokrasi harus tetap disemai.

“Persoalan kita sekarang menghadapi UUD 1945 hasil amandemen sudah sangat liberal. UUD kita sangat dimonopoli oleh partai politik. Dan ini buruk dalam berdemokrasi “, ujar Daniel.

”Dengan arsitektur UUD 1945 yang liberal ini, maka hasilnya juga akan babak belur dan ongkosnya akan terlalu mahal. Solusinya adalah kembali ke UUD 1945 melalui mekanisme adendum, tidak harus semuanya diubah, namun diperlukan perbaikan perbaikan yang menjadi semangat jiwa merdeka “, Papar Daniel.

”Akhirnya, saya hanya ingin menyampaikan bahwa tugas tugas mengawal demokrasi jangan sampai kendor, karena ditangan kitalah perubahan akan bisa dilakukan, dan saya optimis dalam mengawal jalannya demokrasi di Indonesia “, tutup Daniel.

 

loading…

Tags: ,
banner 468x60