Di TPS Luar Negeri Kotak Suara Karton Banyak Yang Diganti Bahan Kaca (acrylic)

Di TPS Luar Negeri Kotak Suara Karton Banyak Yang Diganti Bahan Kaca (acrylic)
Pemilihan Umum di San Fransisko, AS (13/4/2019). Di San Fransisko, AS kotak suara diganti bahan acrylik transparan

Zonasatu News–Di beberapa negara, kotak suara karton kiriman KPU RI diganti dengan bahan yang lebih bagus, yaitu bahan kaca (acrylik) transparan. Kotak tampak lebih kuat, kokoh, dan transparan di empat sisi. Penggantian terjadi dantaranya di San Fransisko, Chicago, dan di Jepang. Seorang pemilih di San Fransiko, Sholachudin membenarkan penggantian itu. Namun dia tidak mengetahui secara pasti apa alasan penggantian itu. Penggantian itu dari inisiatif panitia. Saat warga datang di TPS, tidak ada kotak suara karton buatan KPU. 

“Iya kotaknya beda. Tidak dari karton, tapi berbahan kaca (acylic) yang transparan.Inisiatif panitia,” kata Solachudin kepada zonasatunews.com, Senin (15/4/2019)

Alumni ITS yang bekerja di Silicon Valey San Fransisko ini menjelaskan warga sangat antusias memilih. Di sana pemilihan sudah dilakukan pada Sabtu (13/4/2019), bertempat di KJRI San Fransisko. Pemilihan di mulai pukul 09.00 hingga baru selesai pukul 21.20 waktu setempat.

Kepala Sekretarian PPLN San Fransisko, Susapto Anggoro Broto, dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, hingga selesai pemilihan jumlah yang telah memilih melalui TPS berjumlah 423 orang.

“Dengan rincian DPT sebanyak 199 orang, DPTbLN sebanyak 87 orang, dan DPK sebanyak 137 orang. Pemungutan suara oleh DPK dilaksanakan dari pukul 17.30 sampai selesai pukul 21.20,”kata Susapto.

Di San Fransisko, AS kotak suara diganti bahan acrylik transparan

Di Chicago AS, kotak suara diganti bahan acrylik transparan

Kotak suara di Jepang diganti bahan acrylik transparan

Karikaturis Jepang sindir kotak karton

Kritik karikaturis Jepang Hiroshi Onan melaui karikatur yang dibuatnya rupanya cukup berhasil. Setidaknya di TPS luar negeri kotak karton KPU itu banyak yang diganti.

Hiroshi Onan menyindir kotak karton buatan KPU yang digembok. Digambarkan dalam karikatur itu, sekelompok anak-anak Sekolah Dasar (berseragam putih-merah) berpikir kotak itu bisa dibuat, karena bahannya mudah didapat, dan cara membuatnya juga mudah.Lalu, mereka beramai-ramai membuatnya. Dan bisa. 

Pesan inti dari karikatur itu, kotak suara karton KPU itu janggal. Tidak aman. Tidak layak digunakan untuk mengamankan suara. Masak kotak karton digembok?

“Even childreen can make? (bahkan anak-anak bisa membuat?” tulisnya Hiroshi.

Hiroshi Onan, karikaturis Jepang membuat karikatur menyindir kotak suara karton yang digembok.

 

Hiroshi Onan, karikaturis Jepang membuat karikatur menyindir kotak suara karton yang digembok.

kotak suara melawan air dan api

Kotak suara melawan api

loading…

Tags:
banner 468x60