Enam Perguruan Pencaksilat Mendominasi Kepengurusan IPSI Gunungkidul, Disdikpora Bebankan 1 Medali Emas Diajang Porda 2022 Mendatang

Enam Perguruan Pencaksilat Mendominasi Kepengurusan IPSI Gunungkidul, Disdikpora Bebankan 1 Medali Emas Diajang Porda 2022 Mendatang




ZONASATUNEWS.COM, JOGJAKARTA–Pengukuhan dan Pelantikan Kepengurusan Pengkab IPSI Kabupaten Gunungkidul masa bakti 2021 – 2025 , Sabtu 27/3 di Balai Kalurahan Selang Kapanewon Wonosari, selain melibatkan puluhan peserta dari enam perguruan pencak silat dan Pengda IPSI Daerah Istimewa Yogyakarta, juga menghadirkan beberapa pejabat dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul, Disdikpora, Dinas Kebudayaan, KONI, Polres,dan Kepala Kalurahan Selang Wonosari.

Kepengurusan Ikatan Pencak Silat Indonesia Kabupaten Gunungkidul saat ini telah didominasi oleh enam Perguruan Pencak Silat yang sudah mengantongi keanggota IPSI. Diantaranya, Persinas Asad, Tapak Suci, Persaudaraan Setia Hati Terate, Popsi Bayu Manunggal, Ikatan Kera Sakti PI, dan Lembaga Seni Beladiri Klasik Cakra Kembang Karta Bumi Gunungkidul.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Kabupaten Gunungkidul Irfan Ratnadi mewakili Bupati Gunungkidul Surnayanta, dalam sambutanya menyampaikan bahwa untuk menjaring atlet atlet berbakat dan berprestasi, IPSI Gunungkidul harus mengoptimalkan kinerjanya dengan memfasilitasi semua perguruan pencak silat anggota IPSI Gunungkidul untuk masuk ke dalam kegiatan Ekstrakuliler di sekolah sekolah, mulai dari tingkat Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan SMK. Diyakini, ada banyak atlet atlet pencak silat berbakat di Kabupaten Gunungkidul yang selama ini belum terakomodir.

“Disdikpora sudah berkomitmen dengan KONI, bahwa pada PORDA tahun 2022 mendatang, setiap pengkab dari berbagai cabang olah raga ditargetkan untuk menyumbangkan satu emas, sedangkan Pemerintah Daerah sudah menyiapkan apresiasi bagi para atlet yang berhasil mendapatkan medali emas” kata Irfan.

Ketika Pengkab IPSI Kabupaten Gunungkidul menyanggupi menyumbangkan satu medali emas pada PORDA 2002 mendatang, lain halnya dengan Pengda IPSI Daerah Istimewa Yogyakarta. Wakil Ketua Umum Pengda IPSI Yogyakarta Sri Harjianto S.Pd, pihaknya justru menantang Pengkab IPSI Gunungkidul untuk menyumbangkan 2 medali emas dicabor pencak silat pada PORDA 2022. Sedangkan pengurus IPSI Gunungkidul secara serentak menyanggupi.

“Kalau dari Disdikpora menargetkan Pengkab IPSI Gunungkidul menyumbangkan 1 emas, maka kami dari Pengda IPSI Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan 2 medali emas pada Pekan Olah Raga Daera 2022 yang akan datang”, tegas Sri Harjianto  dalam sambutanya, Sabtu (27/3/2021).

Pernyataan serupa juga disampaikan pengurus KONI Kabupaten Gunungkidul, pada kepengurusan IPSI sebelumnya sama sekali belum berhasil menyumbangkan satu emaspun di ajang PORDA. Dan diharapkan untuk kepengurusan IPSI saat sekarang harus lebih lebih memaksimalkan kinerjanya, salah satunya adalah mampu menjaring dan melatih para atletnya agar lebih berprestasi.

Disisi lain, Ketua Umum Pengkab IPSI Kabupaten Gunungkidul H. Sukadi, S.IP, M.M dalam sambutanya menegaskan, bahwa terpilihnya dia sebagai Ketua umum merupakan suatu ujian dan sekaligus sebuah amanah untuk membawa IPSI Gunungkidul menjadi lebih baik dari sebelumnya. Menurutnya, ada dua hal untuk menjadikan sebuah organisasi bisa hidup dan maju berkembang.

Dua hal yang dimaksud adalah setiap pengurus harus selalu menjalin komunikasi, dan tetap melakukan koordinasi. Sebab tanpa adanya komunikasi dan koordinasi, bisa dipastikan organisasi tersebut akan menjadi lumpuh. Dikatakan pula, dalam kepengurusan Pengkab IPSI masa bhakti 2021-2025 saat sekarang, terwakili dari 6 perguruan pencak silat, dan pihaknya yakin dengan jalinan kerjasama dan sama sama bekerja diantara enam anggota perguruan yang ada di Gunungkidul,

IPSI Gunungkidul akan mampu bersinergi dan kedepanya akan menjadi lebih baik. Enam perguruan yang dimaksud oleh Sukadi adalah Persinas ASAD, Tapak Suci, Persaudaraan Setia Hati Terate, POPSI Bayu Manunggal, Ikatan Kera Sakti Puta Indonesia, Lembaga Seni Beladiri Klasik Cakra Kembang Karta Bumi Gunungkidul.

“Komunikasi dan koordinasi diantara jajaran pengurus IPSI harus dipegang teguh. Dan kita harus sama sama berkomitmen dalam meraih prestasi”, tegas Ketua Umum Pengkab IPSI Gunungkidul H.Sukadi, S.IP, M.M.

Liputan : Bambang Widodo
Editor : Setyanegara










banner 468x60