Forum Eksekutif, Mendorong Kiprah Alumni ITS Untuk Indonesia

Forum Eksekutif, Mendorong Kiprah Alumni ITS Untuk Indonesia




Jakarta, Zonasatu News –Puluhan Alumni Senior ITS berkumpul di Hotel Century Senayan pada tanggal 2 Agustus 2019. Pada Forum Eksekutif yang digagas oleh Pengurus Pusat IKA ITS, banyak alumni dengan berbagai latar belakang profesi antusias untuk hadir.

Gempa di Banten yang terasa di lt 7 Hotel Century Senayan tidak menyurutkan Alumni Senior ITS untuk tetap bertahan dan meneruskan acara (tentu saja saat terjadi gempa mengikuti proses evakuasi dari hotel, dan kembali melanjutkan acara setelah situasi dinyatakan aman).

Ada apakah sehingga puluhan Alumni senior ITS tersebut berkumpul dan apa yang membuat mereka antusias untuk berkumpul?.

Forum Eksekutif adalah forum informal yang menjadi semacam ajang konsultasi/diskusi antara IKA ITS dengan para alumni senior/pejabat yang dengan apa yang mereka miliki dapat memberikan pandangan/masukan yang bermanfaat bagi IKA ITS. Selain itu Forum Eksekutif dimanfaatkan pula untuk saling bertukar pikiran terhadap isu nasional/atau hal-hal yang menjadi perhatian nasional, dengan tujuan dapat memberikan masukan kebijakan kepada Pemerintah agar jalannya Pemerintahan dan program yang ada memberikan manfaat yang jauh lebih besar lagi bagi masyarakat.

Agenda Forum Eksekutif yang dilaksanakan tanggal 2 Agustus 2019 di Hotel Century adalah paparan mengenai kegiatan Internasional ITS Business Summit (IIBS) 2019, Agenda Kongres IKA ITS 2019 serta paparan mengenai mekanisme “One Man One Vote” untuk menjaring kandidat Ketua Umum PP IKA ITS.

ITS dan IKA ITS berkolaborasi dalam penyelenggaraan IIBS 2019 yang merupakan rangkaian Dies Natalis ITS ke-59 dan rangkaian acara Kongres IKA ITS 2019. Bagi IKA ITS, penyelenggaraan “Business Summit” nanti adalah yang ke-5 sejak acara tersebut pertama kalinya dimulai di tahun 2010 yang saat itu di buka oleh Wakil Presiden Boediono. Pada IIBS 2019 mengundang Presiden Jokowi untuk membuka acara.

Dalam acara Forum Eksekutif ini, sehubungan Rektor ITS Prof Dr. M Ashari pada hari yang sama ada acara dengan Walikota Surabaya, yang mewakili adalah Wakil Rektor 2 ITS, Dr. Ir. Mas Agus Mardyanto. Dari unsur Pemerintah yang hadir antara lain Prof Syarif Widjaja Dirjen KKP, Cak Tiyok Dirjen KKP, Cak Tommy Fadjar Hutomo Deputi Bekraf, Cak Sukandar Wakil Kepala SKK Migas dan lainnya. Dari BUMS yang hadir seperti Cak Sutopo Kristanto Managing Director PT Pembangunan Jaya, Cak Toeloes, Cak Rifqi Isnanda, Bu Imus, Cak Tanu Wijaya, Cak Azis Bahalwan, Cak Karioka dan lainnya. Dari BUMN seperti Cak Dwi Satriyo Dirut PTPN X, Cak Satriyo Nugroho Direktur Pupuk Kaltim, Cak Rifky E Hardjanto, Ning Hesti Nugrahaini dan lainnya, dari unsur Senat IKA ITS nampak pula Cak Amir Hamzah dan Cak Soni Sontani

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PP IKA ITS Cak Dwi Soetjipto yang juga adalah Kepala SKK Migas menyampaikan pula permohonan dukungan Alumni ITS untuk mensukseskan kolaborasi ITS dan IKA ITS yang untuk pertama kalinya membuat kegiatan bersama “International Business Summit” menunjukkan telah semakin kuatnya pondasi sinergi antara kampus ITS dengan Alumni ITS.

Presiden Jokowi diharapkan bisa hadir membuka acara IIBS yang sejalan dengan program pemerintah untuk menggenjot investasi dan membangun kemandirian energi serta mewujudkan industri yang ramah lingkungan.

Mewakili Ketua SC IIBS yang berhalangan hadir, Sekretaris SC IIBS Cak Arief Hermawan menyampaikan sebelum acara puncak IIBS, akan ada FGD sebanyak tiga (3) kali yang mengupas materi-materi yang akan dibahas pada IIBS.

“Sekaligus menyiapkan konten untuk Buku Rekomendasi Kebijakan Pembangunan yang rencananya akan di launching dan diserahkan kepada Presiden Jokowi pada saat pembukaan IIBS,” kata Arief.

Terkait dengan Kongres IKA ITS yang salah satu agendanya adalah Pemilihan Ketua Umum PP IKA ITS periode 2019-2023, yang untuk menjaring kandidat Ketua Umum dilakukan “OMOV” untuk menjaring 5 kandidat yang paling banyak dipilih oleh Alumni ITS untuk selanjutnya dipilih di Kongres. Sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Senat IKA ITS, Alumni ITS yang bisa ikut OMOV adalah yang telah terdaftar di Aplikasi MIDA IKA ITS dengan status terverifikasi.

Bagaimana cara mendaftar di MIDA IKA ITS dapat dibaca di link https://kta.alumniits.com/buku-panduan/ Pada Forum Eksekutif ini, Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua Umum IKA ITS (P3KU ITS) yang diwakili sekretaris P3KU/sekaligus anggota komisioner Cak Suwardi menyampaikan sekilas jadwal pelaksanaan, mekanisme pendaftaran, sosialisasi dan mekanisme OMOV yang dilaksanakan secara online.

Pada kesempatan tersebut, Forum Eksekutif menyarankan untuk menjaring partisipasi Alumni ITS yang lebih besar, agar jadwal OMOV yang awalnya 3 hari diperpanjang menjadi 1 minggu.

Penulis laporan : Irwan M

Editor : Setyanegara 

 

 

 

 







Tags: , ,
banner 468x60