IDEAS 2021 : Terobosan IKA ITS Jakarta Raya Dan PATRIOT ITS Dalam Mengenalkan ITS Pada Siswa Siswi SMA Dan Sederajat Di Tengah Pandemi Dan Bencana Di Era Digital

IDEAS 2021 : Terobosan IKA ITS Jakarta Raya Dan PATRIOT ITS Dalam Mengenalkan ITS Pada Siswa Siswi SMA Dan Sederajat Di Tengah Pandemi Dan Bencana Di Era Digital
Pengurus IKA ITS Jakarta Raya bersama Team Automotive ITS




ZONASATUNEWS.COM, JAKARTA–Pandemi diyakini bisa menjadi akselerator digitalisasi yang akan mengantarkan manusia pada era baru. Hal ini terbukti dengan masifnya perubahan yang terjadi pada setiap elemen ekonomi, industri bahkan pendidikan.

Era baru yang terjadi tentu saja tidak tampa hambatan, elemen pendidikan contohnya.
Banyak sekali kendala yang dialami para siswa dalam menggapai informasi dengan komunikasi 2 arah, yang seharusnya bisa dilakukan tatap muka, menjadi hilang tidak sama sekali.

Dalam rangka mewujudkan usaha untuk membantu Siswa/Siswi SMA/Sederajat tentang mengenal dunia perkuliahan dan kampus, IKA ITS Jakarta Raya berkolaborasi dengan INI LHO ITS dan Forum daerah Mahasiswa ITS Bekasi (PATRIOT ITS) dengan menghadirkan pengenalan ITS ke SMA-SMA dan Tryout UTBK serta Webinar dan sharing session yang bertajuk ”IDEAS 2021”, sebagai rangkaian acara untuk menjawab semua permasalahan para calon mahasiswa ingin mendapatkan informasi menuju jenjang perkuliahan beserta tip serta trik dan berbagai hal seputar perguruam tinggi lainnya , terutama yang ingin melanjutkan ke kampus ITS Surabaya.




Lewat komunikasi media whatsapp, Haykal Hanif, Ketua Forum Daerah Mahasiswa ITS Bekasi ( Patriot ITS) yang juga mahasiswa Teknik Fisika ITS angkatan 2019 menjelaskan bahwa IDEAS 2021 sendiri merupakan singkatan dari Integrated Dreams and Realities 2021. IDEAS 2021 memiliki 2 rangkaian acara yaitu Visit dan Welcome. Rangkaian acara ini dimulai dari tanggal 1 Februari sampai dengan 21 Februari yang diakhiri dengan Tryout UTBK, Webinar dan sharing session.

Visit merupakan kegiatan Kunjungan Kesetiap sekolah-sekolah yang ada di Jabodetabek dan juga beberapa daerah lainnya yang juga dilakukan oleh masing-masing forum daerah mahasiswa ITS di kota terkait, untuk melakukan pemaparan mengenai ITS.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Panitia IDEAS 2021, Bony Albert yang merupakan mahasiswa Teknik Infrastruktur Sipil ITS 2019 memberikan penjelasan bahwa Welcome sendiri merupakan kegiatan Tryout sesuai standar UTBK, Webinar yang dibuka oleh Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD dan pemateri Motivator Nasional Generasi Milenial Kak Indra Sugiarto dan Kak Inas Yaumi seorang Alumnus ITS yang telah malang melintang di dunia organisasi mahasiswa serta berprestasi diantaranya Exchange student Shibaura Institute of Technology Japan serta peraih Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) batch V di Universitas Padjajaran , dan di lanjut Sharing Session untuk menjawab pertanyaan calon mahasiswa, dan Pengenalan seputar kampus ITS.

IKA ITS Jakarta Raya, selaku pendukung utama terselenggaranya acara IDEAS 2021 mengapresiasi kesigapan panitia dan Patriot ITS dalam penyelenggaraan acara IDEAS 2021 ditengah pandemi COVID19 yang belum berakhir dan berbagai kendala di dunia pendidikan terutama berbagai hal yang tidak banyak bisa dilakukan secara tatap muka dan berkunjungan secara offline. Berbagai koordinasi dan komunikasi serta penyampaian informasi banyak dilakukan secara daring (Online).

Tentunya berbagai kendala dan tantangan tersebut adalah pengalaman dan tantangan yang menarik dan memperkaya pengembangan diri dan berjejaring dalam berorganisasi para mahasiswa di era digital saat ini, begitu dikatakan oleh Sekretaris Umum IKA ITS Jakarta Raya, Fickar.

Rifqi Isnanda Selaku Ketua Umum IKA ITS Jakarta Raya berharap, dukungan Alumni ITS di Jakarta Raya (Jabodetabek) terhadap kiprah Mahasiswa ITS di daerah asal, dalam berkegiatan terutama mengenalkan ITS dan melakukan berbagai kegiatan positif kemasyarakatan lainnya bisa terus menerus dilakukan dan dikembangkan dari generasi ke generasi.

“Sehingga asih,asah dan asuh antara alumni dan mahasiswa ITS bisa terjalin sejak dini dan semakin memperkuat jejaring yang bisa bermanfaat dan berkah untuk kebaikan di segala hal, terutama mengharumkan nama ITS di kancah Nasional, terutama di Jakarta dan sekitarnya ( Jabodetabek ) melalui berbagai kegiatan Positif yang manfaatnya banyak di rasakan oleh lebih banyak orang yang dihasilkan oleh kolaborasi dan sinergi Alumni dan Mahasiswa ITS,” kata Rifqi Isnanda.

Pengurus IKA ITS Jakarta Raya bersama Team Automotive ITS

Kegiatan dan kerjasama ini bisa menjadi prototype yang bisa dikembangkan diberbagai daerah,melalui Ikatan Alumni ITS di masing-masing pengurus wilayah dan Forum Daerah Mahasiswa ITS di tempat terkait, dan terus menerus di kembangkan bentuk variasi kolaborasi dan sinergi sesuai dengan kearifan lokal dan kekinian di daerahnya masing-masing.

“Semoga serangkaian acara Puncak IDEAS 2021 Besok ( 21 Februari 2021 ) yang dilangsungkan dari pagi jam 06.00 sampai sore jam 17.00 bisa berlangsung dengan lancar, sukses, meriah dan dinaungi banyak keberkahan untuk semua yang menyelenggarakan dan mengikutinya,” ungkap Rifqi Isnanda.

“Kami berharap, panitia dapat memberikan resume informasi berbagai hal menarik serta kaya akan gizi pengetahuan serta motivasi selama acara dan di share kelebih banyak orang terutama siswa siswi SMA di seluruh Indonesia melalui pemberitaan media dan media sosial lainnya dengan cara yang menarik dan inspiratif sehingga bisa memacu siswa siswi SMA yang akan masuk kejenjang perkuliahan mendapat bekal yang cukup.”

“Mereka akan menjadi generasi yang semakin tangguh dan unggul di era digital dan dimasa pandemi ini, apalagi selain didukung oleh IKA ITS Jakarta Raya, acara ini juga di support oleh usaha rintisan Socialpreneur alumni ITS di Jabodetabek melalui Usaha Pengolahan Plastik Berbasis Pemiliahan dari Sumbernya dan pemberdayaan Masyarakat UPP Trijaya serta Alumni ITS Angkatan M40 ( 1997 ) pungkas Fickar yang merupakan Alumnus ITS dari Teknik Mesin Angkatan 1997 ( M40) dengan Semangat,” tegasnya.

EDITOR : SETYANEGARA







banner 468x60