ITB, UGM, IPB, ITS, dan UI, Lima Besar Kampus Terbaik di Indonesia

ITB, UGM, IPB, ITS, dan UI, Lima Besar Kampus Terbaik di Indonesia
Menristek Dikti Muhammad Nasir




JAKARTA,Zonasatu News – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) merilis peringkat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia berdasarkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia tahun 2019. Alhasil, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah mada (UGM), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) University menduduki tiga besar.

Di peringkat empat ada Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), selanjutnya Universitas Indonesia (UI) di peringkat lima. Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Brawijaya, dan Universitas Padjadjaran secara berurutan menduduki peringkat enam sampai 10.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Mohammad Nasir mengatakan klasterisasi PTN dimaksudkan dalam rangka mendorong agar perguruan tinggi di Indonesia semakin maju dan mendunia.

“Pemeringkatan dan klasterisasi ini sangat penting sebagai bentuk evaluasi terhadap kinerja perguruan tinggi di Indonesia. Dengan adanya klasterisasi dan pemeringkatan ini diharapkan perguruan tinggi di Indonesia semakin baik, maju, dan mendunia,” ujar Nasir di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Dia menerangkan, terdapat empat kriteria utama yang digunakan dalam klasterisasi ini yaitu input, proses, output, dan outcome. “Persentase outcome paling besar karena dari outcome inilah peran perguruan tinggi dapat terlihat di masyarakat,” ucap Nasir.

Ada indikator baru, lanjut Nasir, yang digunakan dalam penilaian tahun ini, yaitu jumlah dosen asing, pembelajaran daring, kelengkapan laporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), laporan keuangan, persentase lulusan yang memeroleh pekerjaan selama enam bulan, jumlah sitasi per dosen, dan jumlah patent per dosen.

“Selamat kepada perguruan tinggi yang telah memeroleh prestasi yang baik ini, mudah-mudahan dengan mendapat prestasi membanggakan ini, perguruan tinggi semakin lebih baik dan semakin mendunia,” jelas Nasir.

Penulis laporan : Irwan M

Editor : Setyanegara 

 

 

 







Tags:
banner 468x60