Jadi Kelinci Percobaan Vaksin China, Presiden Brasil Menolak, Indonesia (Tidak) Menolak??

Jadi Kelinci Percobaan Vaksin China, Presiden Brasil Menolak, Indonesia (Tidak) Menolak??
Presiden Brasil Jail Bolsonaro : Rakyat Brasil tidak akan menjadi kelinci percobaan siapapun. Kami tidak akan membeli vaksin China




ZONASATUNEWS.COM--Soal rencana pemerintah untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, semestinya dipikirkan ulang. Jangan tergesa-gesa, “grusa-grusu”, seperti UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Presiden Jokowi meminta jajaran kabinetnya untuk melakukan komunikasi yang baik soal rencana vaksinasi. Jangan sampai amburadul. Akibat komunikasi yang buruk, kata presiden, UU OLCK ditolak rakyat dimana-mana.

Vaksinasi atau uji vaksin?

Ini mestinya dipertegas dulu : vaksinasi atau uji vaksin? Mari kita lihat faktanya. Sampai saat ini WHO belum merekomendasikan satu vaksin-pun yang dinyatakan aman dan telah lolos uji. Belum satu pun.

Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono menegaskan, hingga kini belum ada satupun vaksin Covid-19 yang telah lolos uji klinis fase 3 dan disetujui penggunaannya oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Jadi sesungguhnya ynag terjadi adalah uji vaksin. Itu yang sedang terjadi di Indonesia dan Brasil. Kedua negara ini menjadi “kelinci percobaan” vaksin dari China.

Uji Vaksin

Vaksin produksi China memasuki uji tahap 3 (uji klinis) yang dilakukan di Indonesia dan Brasil. Bagaimana reaksi kedua negara itu?

Presiden Brasil menolak vaksin Covid dari Chna itu sebelum uji klinis rampung. Sebelumnya Menteri Kesehatan Brasil menyatakan akan melakukan vaksinasi. Hal iitu berbeda dengan sikap presiden.

“Rakyat Brasil tidak akan menjadi kelinci percobaan siapapun. Kami tidak akan membeli vaksin China,” kata Presiden Brasil Jail Bolsonaro.

Meskes Brasil telah mencapai kesepakatan untuk membeli vaksin dari China sebanyak 46 juta dosis. Vaksin itu rencanaya akan diproduksi oleh Butantan.

Brasil menjadi negara terbesar ketiga setelah AS dan India, didunia dengan positif Covid sebanyak 5,3 juta jiwa.

Sikap Indonesia??

Sikap Indonesia lebih lunak, kalau tidak boleh disebut setuju. Setidaknya sampai saat ini pemerintah melalui Kementerian Kesehatan masih mayakini rencana vaksinasi akan berjalan mulus.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achamad Yurianto mengatakan kegiatan vaksinasi Covid-19 akan dilakukan di Indonesia pada akhir November mendatang.Tiga kandidat vaksin Covid-19 yang bakal dipakai antara lain Sinovac, Sinopharm (G42), dan CanSino.

Seperti di Brasil, saat ini di Bandung sedang berjalan uji coba vaksin dari China terhadap para relawan. Bedanya, meskipun uji coba belum selesai Presiden Brasil telah menyatakan menolak, sejalan dengan desakan dari masyarakatnya.

Indonesia? Hingga saat ini masih setuju menjadi “kelinci percobaan”.

EDITOR : SETYANEGARA







banner 468x60