Kasus Wahyu Setiawan, DPP KNPI : Itu Permainan Bersama Dari Keseluruhan Komisioner

Kasus Wahyu Setiawan, DPP KNPI : Itu Permainan Bersama Dari Keseluruhan Komisioner
Komisioner KPU Wahyu Setiawan ditahan KPK




ZONASATUNEWS.COM, JAKARTA—Ketua Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Ilham AR meyakini kasus suap Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR RI tidak hanya melibatkan satu komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Ilham menjelaskan, mekanisme pengambilan keputusan di KPU selalu melalui rapat pleno dengan melibatkan komisioner lainnya.

“Keputusan penting KPU sebagaimana pentingnya KPU memutuskan calon anggota legislatif terpilih berdasarkan ketentuan undang undang, jika begitu konstruksinya adalah permainan Wahyu Setiawan adalah permainan bersama dari keseluruhan komisioner, dimana Wahyu Setiawan adalah pihak yang ditunjuk sebagai pengendali juga sebagai eksekutor dari agenda bersama keseluruhan komisioner, demikian kerangka logisnya,” jelas Ilham melalui siaran pers seperti dikutip RRI PRO3, Rabu (15/1/2020).




Namun, Ilham mengakui hukum tidak melihat tindak kejahatan pidana korupsi dalam kerangka logis melainkan lebih dilihat dari sisi obyek. Karena itu KPK baru bisa membuktikan bahwa yang bersangkutan terlibat, tentunya dengan segala bukti permulaan yang dimiliki.

Ilham juga mendorong agar Komisioner KPU lainnya memiliki pertanggungjawaban moral ke masyarakat karena telah membiarkan lembaga negara yang dipercaya untuk mengurusi pemilu ternodai dengan tindakan yang tidak terpuji.

“Karenanya akan lebih baik jika seluruh komisioner KPU segera mengundurkan diri sebelum rakyat marah dan melakukan tindakan diluar kendali,” tegasnya.

Hasto Kristiyanto, Sekjend DPP PDI Perjuangan

Selanjutnya, karena kasus ini terkait dengan gratifikasi, ada pihak selain KPU yang langsung terkait, yakni pihak yang berkepentingan atas PAW itu sendiri.

“Para pihak tersebut harus segera dilakukan pengusutan oleh KPK jangan sampai berhenti hanya di Wahyu Setiawan saja,” ujarnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan sebagai tersangka terkait dugaan penerimaan suap penetapan anggota DPR terplih 2019-2020 berdasarkan Pergantian Antar Waktu (PAW).

Ketua KPU Arief Budiman (paling kiri) bersama Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam konferensi pers di Gedung KPK, Kamis (9/1/2020). (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Tak hanya Wahyu Setiawan, KPK juga menetapkan 3 (tiga) tersangka lainnya dalam kasus tersebut, yakni mantan Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, mantan Caleg PDI Perjuangan Harun Masiku, bersama Saeful dari pihak swasta.

Pemberian suap untuk Wahyu itu diduga guna membantu Harun dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) caleg DPR terpilih dari Fraksi PDI Perjuangan yang meninggal dunia, yaitu Nazarudin Kiemas pada Maret 2019. Namun dalam pleno KPU, pengganti Nazarudin adalah caleg lainnya atas nama Riezky Aprilia.

Wahyu diduga sudah menerima Rp 600 juta dari permintaan Rp 900 juta. Dari kasus yang bermula dari operasi tangkap tangan pada Rabu, 8 Januari 2020 ini, tim penindakan KPK menyita uang Rp 400 juta. Editor : Setyanegara 

 







Tags: , ,
banner 468x60

4 Responses

  1. british dragon turinabolJune 2, 2020 at 7:27 pm

    … [Trackback]

    […] Read More Info here on that Topic: zonasatunews.com/nasional/kasus-wahyu-setiawan-dpp-knpi-lebih-baik-seluruh-komisioner-mundur-sebelum-rakyat-marah/ […]

  2. Best Drones For BeginnersJuly 11, 2020 at 5:38 pm

    … [Trackback]

    […] Find More Information here to that Topic: zonasatunews.com/nasional/kasus-wahyu-setiawan-dpp-knpi-lebih-baik-seluruh-komisioner-mundur-sebelum-rakyat-marah/ […]

  3. breitling bentley fakeJuly 16, 2020 at 9:10 pm

    … [Trackback]

    […] Info on that Topic: zonasatunews.com/nasional/kasus-wahyu-setiawan-dpp-knpi-lebih-baik-seluruh-komisioner-mundur-sebelum-rakyat-marah/ […]

  4. weed for saleAugust 4, 2020 at 3:06 am

    … [Trackback]

    […] Here you will find 45234 more Information on that Topic: zonasatunews.com/nasional/kasus-wahyu-setiawan-dpp-knpi-lebih-baik-seluruh-komisioner-mundur-sebelum-rakyat-marah/ […]