Makin Ngawur! Lagi Defisit, Bonus Dewan Pengawas & Direksi BPJS Naik 2 Kali Gaji

Makin Ngawur! Lagi Defisit, Bonus Dewan Pengawas & Direksi BPJS Naik 2 Kali Gaji
Foto Ilustrasi Kartu BPJS Kesehatan

Jakarta, Zonasatu News – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengeluarkan aturan baru yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 112/PMK.02/2019. Aturan ini merupakan tambahan manfaat bagi Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Aturan ini merupakan pembaruan dari PMK nomor 34/PMK.02/2015 lalu. Perbedaannya, tunjangan cuti tahunan yang paling banyak 1 kali gaji menjadi dua kali gaji.

Tunjangan cuti tahunan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 diberikan kepada anggota Dewan Pengawas dan anggota Direksi dengan ketentuan:
Paling banyak 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun;
Paling banyak 2 (dua) kali Gaji atau Upah. Sementara dalam peraturan sebelumnya, tunjangan cuti tahunan hanya diberikan 1 kali.

Sementara di aturan lama, tunjangan cuti tahunan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 diberikan kepada anggota Dewan Pengawas dan anggota Direksi dengan ketentuan:
Paling banyak 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun;
Paling banyak 1 (satu) kali Gaji atau Upah. 

Untuk informasi, BPJS ada dua yakni BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan yang sayangnya saat ini sedang mengalami defisit.

Hery Susanto Koordinator Nasional Masyarakat Peduli BPJS

Menangapi  hal itu Koordinator Nasional Masyarakat Peduli BPJS (Kornas MP BPJS) Hery Susanto merasa heran. Pasalnya, ditengah defisit anggaran BPJS Kesehatan, pengawas dan direksi justru naik bonusnya.

“BPJS Kesehatan itu lagi defisit, kok ini pengawas dan direksi justru dapat kenaikan bonus. Aneh, ada apa,?” kata dia.

Disamping itu Hery Susanto juga menegarai adanya upaya sistematis dalam seleksi anggota DJSN RI (Dewan Jaminan Sosial Nasional RI).

“Seleksi anggota DJSN RI diwarnai mindset pro kenaikan iuran BPJS Kesehatan serta wacana revisi UU SJSN dan UU BPJS yang melegalkan subsidi silang antarprogram dan mendistorsi tata kelola jaminan sosial,” jelasnya.(zs) 

Penulis Laporan : Syamsul B

Editor : Setyanegara

Tags: , ,
banner 468x60