MP BPJS Gelar Diskusi Online : BP Jamsostek Di Tengah Pandemi Covid-19 dan Perspektif Kepemimpinan Masa Depan

MP BPJS Gelar Diskusi Online : BP Jamsostek Di Tengah Pandemi Covid-19 dan Perspektif Kepemimpinan Masa Depan
Kornas MP BPJS Hery Susanto




ZONASATUNEWS.COM, JAKARTA–Masyarakat Peduli BPJS, (MP BPJS) melakukan diskusi online, Rabu (16/9/2020) mengambil tema “BP Jamsostek Di Tengah Pandemi Covid-19 dan Perspektif Kepemimpinan Masa Depan”.

Dalam pengantarnya moderator mengatakan diskusi dimaksud untuk memberikan kontribusi pemikiran baik kepada pemerintah maupun kpada BP Jamsostek dalam situasi pandemi Covid sekarang ini.

Kornas MP BPJS Hery Susanto dalam smabutan pembukaan diskusi menyebutkan, diskusi ini diikuti 11 wilayah dan 110 cabang seluruh MP BPJS di seluruh Indonesia dan luar negeri.

Hery menyatakan ada 10 isu dalam pengelolaan BPJS selama pandemi ini. Diantaranya soal PHK. Pandemi telah menyebabkan banyak perusahaan melakukan PHK, disebabkan efek pandemi Covid telah membuat perusahaan tidak bisa mempertaankan hidupnya. Maka PHK menjadi pilhan.

“Satu-satunya harapan pekerja yang terkena PHK adalah dapat mendapatkan haknya dalam bentuk klaim JHT (Jaminan Hari Tua) dalam program Jamsostek,” kata Hery.

Maka, kata Hery, para pekerja berbondong-bondong ke kantor cabang BPJS, terutama di5 wilayah yaitu Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng DIY dan Jatim. yang merupakan basis-basis pekerja.

Pencairan kalim JHT dalakukan dengan sistem online, karena menerapkan protokol kesehatan. Namun sayanngnya banyak pekerja yang tidak bisa alias gaptek (gagap teknologi).

“Maka yang terjadi dilapangan adalah maraknya jasa atau calo dalam pencairan JHT itu,” kata Hery.

Hery juga mengeluhkan kuota klaim online harian yang diturunkan. Mestinya pada kondisi seperti ini bisa dinaikkan untuk mempermudah pelayanan.

Bila dihitung mulai pekerja di PHK, pencairan klaim bisa memakan waktu satu setengah bulan.

“Surat PHK baru turun 1 bulan. Lalu diajukan ke Jamsostek, 2 minggu baru bisa cair secara online. Ini tidak sesuai dengan UU. Mestinya cukup 5 hari paling lama dana JHT sudah harus cair,” ungkap Hery.

Saksikan video lengkapnya dibawah ini.

EDITOR : SETYANEGARA







Tags: , ,
banner 468x60