Prodewa Lampung Berniat Jadi Pemantau Pemilukada, KPU Siap Sinergi

Prodewa Lampung Berniat Jadi Pemantau Pemilukada, KPU Siap Sinergi
Aktivis Prodewa bertemu dengan KPU Lampung. Prodewa akan bersinergi sebagai pemantau pemilu independen




ZONASATUNEWS.COM, LAMPUNG-Progressive Democracy Watch (PRODEWA) Wilayah Lampung bergerak cepat. Setelah sebelumnya membangun sinergi dengan Bawaslu Propinsi Lampung, kini LSM yang bergerak sebagai pengamat/pemantau demokrasi itu telah bertemu dengan KPU Propinsi Lampung, Senin, 13 Juli 2020,

Direktur Prodewa Wilayah Lampung, Fajar Ahung Pangestu kepada ZONASATUNEWS.COM mengatakan keinginan lembaganya untuk bisa bersinergi dengan lembaga penyelenggara pemilu (Bawaslu dan KPU). Bentuknya, Prodewa akan bertindak sebagai lembaga pemantau dalam proses Pemilukada di Propinsi Lampung.

Ketua KPU Lampung Erwan Bustami, S.H., M.H., dan anggota komisioner lainnya turut menyambut kunungan Prodewa. KPU Lampung menyambut dengan tangan terbuka keinginan Prodewa tersebut.




“KPU Provinsi Lampung senang jikalau ada lembaga yang siap menjadi tim pemantau pada Pilkada serentak kelak. Dan KPU provinsi akan siap menjembatani Prodewa Lampung untuk dapat berkomunikasi langsung dengan KPU yang ada di kabupaten/kota,” ujar Antoniyus, S.Ip., selaku Anggota KPU Provinsi Lampung.

Kehadiran lembaga pemantau pemilu dari pihak LSM seperti Prodewa memang sangat diharapkan untuk meningkatkan kualitas pemilu. Lembaga pemantau diharapkan akan ikut membantu memastikan jalannya pemilu berlangsung secara jurdil.

Selama ini dirasakan pemantau dari pihak independen masih sedikit. Kalaupun ada jumlahnya tidak memadai. Mengandalkan Bawaslu saja, tentunya tidak memadai dilihat dari jumlah personil yang tersedia. Apalagi bila wilayahnya sangat luas dan banyak daerah terpencil.

Sehingga pelanggaran-pelanggaran yang terjadi acapkali tidak terpantau dengan baik. Kehadiran Prodewa diharapkan dapat mengisi kekurangan tenaga pengawasan di lapangan. Apalagi bila Prodewa dapat menggandeng ormas-ormas sebagai tenaga volunter dilapangan. Tentu efektifitas pengawasan pemilu dapat ditingkatkan.

EDITOR : SETYANEGARA







Tags: ,
banner 468x60