Ustad Abdul Somad Dipolisikan atas Dugaan Menista Agama, Benarkah?

Ustad Abdul Somad Dipolisikan atas Dugaan Menista Agama, Benarkah?




Kupang, Zonasatu News  – Brigade Meo Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan Ustad Abdul Somad ke Kepolisian Daerah NTT terkait video tentang salib dan patung yang dinilai telah menistakan agama Kristen.

“Kami sudah melaporkan Ustad Abdul Somad ke Polda NTT terkait ceramahnya yang melecehkan umat Kristen,” kata Anggota Brigade Meo, Jemmy Ndeo kepada Tempo, Sabtu, 17 Agustus 2019, seperti dikutip Tempo.co.

Ceramah Abdul Somad yang viral di media sosial dianggap sudah meresahkan dan mencederai umat Kristen. Karena itu, kata Jemmy, Abdul Somad harus mempertanggungjawabkan perkataannya.

“Apa yang dikatakan Ustad Abdul Somad dalam videonya itu sudah sangat meresahkan masyarakat, terlebih umat Kristen,” kata Jemmy.

Dia sangat menyayangkan Abdul Somad terkait tausiah yang dibawakan ìtu.,”Kami laporkan Ustad Abdul Somad sebagai pribadi, tak ada kaitannya dengan umat muslim” tegas Jemmy.

Dia berharap Ustad Abdul Somad bisa memberikan klarifikasi atau permohonan maaf kepada umat Kristen atas pernyataan saat berceramah. “Jika Ustad keliru, maka kami harap ada permohonan maaf dan klarifikasi,” katanya.

Perlu dipertimbangkan 

Pelaporan Ustad Abdul Somad atas tuduhan penistaan agama perlu dipertimbangkan lagi. Pasalnya, UAS melakukan tausiah atau berceramah didepan jamaahnya sendiri. Untuk konsumsi internal jamaahnya yang semuanya beragama Islam. Pendapat dan keyakinan yang disampaikan UAS tentu tidak dimaksudkan untuk menista keyakinan agama lain.

Persoalannya berbeda jika UAS berbicara ditempat umum yang majemuk latar belakang pengunjungnya. Misalnya dia diundang oleh panitia peringatan 17 Agustus, lalu berbicara menyinggung keyakinan agama lain. Dia bisa diperkarakan.

Pihak berwajib perlu hati-hati menyikapi kasus ini. Jangan gegabah. Perlu dikaji secara mendalam karena berdampak luas.

Penulis laporan : Syamsul A

Editor : Setyanegara 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 







Tags: ,
banner 468x60