Viral Unggahan Di Medsos : TNI Sita Buku PKI Terdapat Kata Pengantar Megawati Sukarnoputri

Viral Unggahan Di Medsos : TNI Sita Buku PKI Terdapat Kata Pengantar Megawati Sukarnoputri
Foto Caption dari operain blogspot.com, namun blog ini sudah tidak bisa diakses lagi




ZONASATUNEWS.COM–Sebuah foto seorang TNI sedang membawa beberapa buku hasil sitaan. Tampak judulnya diantaranya Negara Madiun, Nasionalisme, Islamisme, Marxisme, Bung Karno. Disebelah tembok tampak Peta Wilayah Kediri. Foto ini tampaknya berasal dari Kediri. Tidak ada keterangan pasti, nama personil TNI tersebut serta berasal dari institusi apa.

Saat ini kami fokus pada beredarnya foto TNI diatas, yang dilengkapi dengan caption, TNI : Buku PKI Yang Kami Sita Terdapat Kata Pengantar Megawati Soekarno Putri & Eva Sundari.




Potongan gambar dari unggahan akun Facebook Nuh Rio Nahril Abdillah yang menyebut terdapat kata pengantar dari Megawati Soekarno Putri dan Eva Sundari. 

Potongan gambar tersebut bersumber dari akun operain.blogspot.com. Nuh Rio Nahril Abdillah yang mengunggahnya pada 6 Juni 2020. Dan kini telah menyebar ke berbagai platform medsos. Media ini menemukan gambar tersebut dari sebuah Group WA. 

Belum diketahui secara pasti apakah benar buku-buku dalam gambar tersebut berisi pengantar dari Megawati dan Eva Sundari. Pihak berwajib bisa melakukan kroscek dengan menanyakan kepada Pihak TNI yang ada dalam gambar tersebut. Namun diluar itu kami akan menelusuri isu ini dari 2 sisi untuk menemukan kebenarannya.

Pertama kami akan cek dulu situs yang mengunggah gambar tersebut. Kemudian mempelajari fakta-fakta yang disajikan dalam unggahan itu. Kedua, kami akan melakukan kroscek foto TNI itu dan kejadian yang diperkerikan pada saat penyitaan buku ajaran komunisme, sekitar tahun 2018 lalu.

Dalam pengecekan pada akun tersebut, kami gagal mendapatkan fakta. Karena akun tersebut sudah tidak bisa diakses lagi. “Blog not found” tersaji dalam komentar blog. “Blog has been removed Sorry, the blog at operain.blogspot.com has been removed. This address is not available for new blogs,” begitu komentar yang tersaji begitu terhubung dengan blog tersebut.

Sumber berita ini lemah, sulit dipercaya kebenarannya. Klaimnya lemah.Karena situs sudah ditutup.Maka berita tersebut dapat dimasukkan kedalam kelompok berita hoax. 

Kemungkinan besar itu foto lama. Media ini pernah menurunkan berita seputar penyitaan buku-buku berbau komunisme di wilayah Kediri. Itu terjadi pada tahun 2018 lalu. Baiklah itu kami turunkan penelusurannya.

ZONASATUNEWS.COM edisi 27 Desember 2018 melansir, anggota Babinsa Koramil Pare Kediri di bantu oleh Satuan Intel Kodim Kediri Jawa Timur Menggerebek Toko Buku Q Ageng di Jl.Brawijaya.No.67 Pare Kediri, dan menyita buku-buku yang disinyalir berisi propaganda PKI dan tokoh-tokoh PKI.

Aparat juga telah melaksanakan wawancara dengan penjaga toko Ki Ageng An. Sdri. I’in Nurohmah. Dari wawancara itu diketahui pemilik toko bernama Yudi, beralamat di Surabaya.

SELENGKAPNYA BACA : 

 

EDITOR : SEYANEGARA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 







Tags: ,
banner 468x60