Bawaslu RI Dan Bawaslu Jatim Turun Gunung Ke Ngawi : Tinjau Kesiapan Lanjutan Pilkada

Bawaslu RI Dan Bawaslu Jatim Turun Gunung Ke Ngawi : Tinjau Kesiapan Lanjutan Pilkada
Fritz Edward Siregar, Divisi Hukum Bawaslu RI




ZONASATUNEWS.COM, NGAWI–Meninjau kesiapan pelaksanaan lanjutan tahapan Pilkada serentak 2020 yang sempat tertunda sebab bencana nonalam pandemi Covid 19, Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu RI dan Bawaslu Propinsi Jawa Timur, turun gunung ke Bawaslu Daearah Kabupaten Ngawi.

Fritz Edward Siregar, Koordinator Divisi Hukum Bawalu RI menerangkan kalau kunjungannya ke Daerah-daerah yang mau menyelenggarakan Pilkada serentak 2020, dalam rangka supervisi meninjau kesiapan Bawaslu daerah mengawal dan mengawasi proses lanjutan tahapan Pilkada yang sempat tertunda sebab bencana nonalam pandemi covid 19.

“Kami dari Bawaslu RI turun ke daearh-daerah sebagai agenda supervisi meninjau kesiapan kawan-kawan yang berada di daerah sejauh apa kesiapannya untuk melanjutkan tahapan Pilkada serentak 2020 dengan mematuhi protokol kesehatan,” terang Edward, Bawaslu RI di Kantor Bawaslu Kabupaten Ngawi.

Komisioner penyelenggara pemilu dalam melakukan koordinasi, rapat-rapat, dan pelatihan-pelatihan harus mematuhi protokol kesehatan serta mengutamakan penggunaan alat-alat tehnologi informasi, seperti online meeting (rapat daring) dalam melakukan koordinasinya pada petugas penyelnggara pemilu, imbuh Edward.

Pelaksanaan lanjutan tahapan pilkada serentak 2020 di tengah pandemi covoid 19 tidak hanya sebatas kesiapan fisik sumberdaya manusianya, akan tetapi juga kesiapan anggaran, kesiapan pemenuhan alat pelindung diri petugas pengawas Pilkada. Mulai dari petugas pengawas di tingkat kabupaten/kota hingga petugas pengawas Pilkada di tiap-tiap tempat pemungutan suara TPS.

“Kesiapan anggaran, kesiapan APD, kesiapan melakukan pengawasan dengan mematuhi protokol kesehatan, dan kesiapan menjaga integritas pengawasan, serta kesiapan pemenuhan alat pelindung diri pada petugas pengawas Pilkada,” demikian Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI itu mengatakan poin-poin yang ditekankan dalam kerja-kerja pengawasan di masa pandemi.




Muh. Ikhwanudin Alfianto, Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jatim

Dalam kunjungan supervisi peninjauan kesiapan pelaksaaan lanjutan tahapan pilkada 2020 di Ngawi yang juga ditinjau Bawaslu Provinsi, menekankan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan pemenuhan APD pada setiap petugas pengawasa Pilkada di berbagai tingkatan. Mulai dari kabupaten/kota hingga petugas pengawas TPS.

“Salah satu poin yang kami cek adalah alat pelindung diri atau APD bagi petugas penyelenggara pemilu. Alat ini sangat penting, jangan sampai natinya muncul klaster baru Pilkada 2020. Kami dari Bawaslu Provinsi tadi meminta untuk pemenuhan APD bagi petugas pengawasan, mulai dari petugas pengawas kabupaten hingga petugas pengawas TPS tercukupi kebutuhan APD sebagai upaya kita bersama melakukan pencegahan Covid 19,” tegas Ikhwanudin, Bawaslu Provinsi

Dari hasil pengecekan ke Bawaslu Kabupaten Ngawi tadi diperoleh informasi mengenai pemenuhan kebutuhan alat pelindung diri atau APD bagi petugas penyelenggara pemilu, sudah disiapkan oleh pemerintah daerah, “Tadi sudah mendapatkan informasi mengenai APD, mulai dari masker, sarung tangan, dan rapid test bagi petugas Pilkada disiapkan oleh Pemda,” kata Ikhwanudin

Regulasi pengawasan masa pandemi ini karena masih dalam proses penggodokan di tingkat pusat, kita masih menunggu regulasinya seperti apa nantinya. Jika nanti muncul pertanyaan, siapa yang akan melakukan pengawasan Pilkada 2020 yang sesuai dengan protokol Covid 19? Tentu petugas pengawas. Petugas pengawasnya terlebih dahulu mematuhi dan memenuhi protokol kesehatan.

“Misalnya, tahapan pemutakhiran data pemilih. Sebelum secara teknis dilakukan, Bawaslu harus memastikan semua petugas pemutakhiran data dibekali dengan protokol covid dan APD. Inilah bagian dari yang kita awasi dan kita pastikan dalam kerja pengawasan tahapan Pilkada 2020 di masa pandemi. Agar Pilkada serentak 2020 berjalan dengan aman, damai, demokratis, dan Covid 19 bisa kita cegah, serta menghasilka Pilkada yang berkualitas, berintegritas meski di masa pandemi,” pungkasnya.

EDITOR : SETYANEGARA







Tags:
banner 468x60