Cegah Bencana Alam : Kelurahan Gayam Telah Terbentuk Desatana Oleh BPBD Kota Kediri

Cegah Bencana Alam : Kelurahan Gayam Telah Terbentuk Desatana Oleh BPBD Kota Kediri




ZONASATUNEWS.COM, KOTA KEDIRI–Kegiatan Pembentukan Desa / Kelurahan Tanggap Bencana (DESATANA) yang dilakukan oleh BPBD Kota Kediri pada hari Rabu (01/12) telah resmi menunjuk Kelurahan Gayam Kecamatan Mojoroto sebagai sasaran pembentukan Desatana. Bertempat di gedung serba guna Kelurahan Gayam, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Mengingat Kelurahan Gayam terdapat ancaman potensi bencana banjir serta letak geografis Kelurahan tersebut di kepung sawah dan sungai sehingga perlu adanya pembentukan Desatana. Kegiatan tersebut diadakan selama tiga hari mulai tanggal 29 November sampai tanggal 02 Desember.

Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana ( PRB ), Joko Supriyatno. “Mengatakan bahwa materi yang disampaikan meliput tiga faktor :1. Sebelum, 2. Saat dan 3. Setelah bencana, yang di ikut sekitar 40 orang peserta. Destana yang akan dibentuk adalah Destana tahap pertama yang mengambil dari segi komponen kelembagaannya yaitu indikator pada pembentukan Destana yang berasal dari unsur pemerintah, masyarakat dan relawan penanggulangan bencana di Kelurahan tersebut, termasuk didalamnya gender dan kelompok rentan. “Ungkap pria yang disapa Aji.




Untuk mempermudah dalam pembahasan peserta dibagi menjadi 3 kelompok guna menentukan kajian resiko bencana tingkat kelurahan. Adanya Forum Discusion Group ( FDG ) menghasilkan kajian resiko bencana terjadinya banjir. “Papar pria yang juga menjadi Aktifis Ormas DPD Pekat IB.

Diakhiri Acara peserta di dampingi Ketua Forum PRB Kota Kediri melakukan simulasi bencana banjir, diawali dengan paparan apa saja yang perlu disiapkan termasuk penyampai pentingnya Tas Siaga yang fungsinya untuk menyimpan dokumen-dokumen penting jika terjadi bencana.

Lanjutnya, “Forum PRB Kota Kediri secara simbolis juga memberikan kaos sebagai tanda bahwa Destana Kelurahan Gayam Kecamatan Mojoroto telah resmi dibentuk dan siap bersinergi dalam penanganan bencana alam. “Destana Kelurahan Tanggap Bencana Kota Kediri saat ini sudah bentuk 14 di Kelurahan. “Pungkas Aji. (Bang Roy)

EDITOR : REYNA







banner 468x60