Diduga Kades Bekingi Pengurukan Ilegal Lahan Pabrik PT.SEDAM JAYA ABADI

Diduga Kades Bekingi Pengurukan Ilegal Lahan Pabrik PT.SEDAM JAYA ABADI
Lahan Pengurukan Pabrik PT Shanty di Gondang




ZONASATUNEWS.COM,NGANJUK–Kembali terjadi pekerjaan yang belum mengantongi izin kegiatan pengurukan lahan di Desa Gondang Kulon, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk mendapat sorotan dan protes dari warga.

Pasalnya pengurukan lahan yang diduga merupakan proyek pendirian pabrik sepatu tersebut belum mengantongi izin dari Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Nganjuk. Bahkan pengurukan tersebut dilakukan ada campur tangan Kepala Desa terkait.

Ketua LPK RI B.A.I Jawa Timur Suyatno mengatakan, kegiatan pengurukan tersebut sudah berlangsung tanpa mengantongi izin.

“Sudah jelas seperti ini kenapa dibiarkan berjalan sampai seperti ini, apa memang ada pembiaran pihak Desa, katanya izinya sudah ada, tapi kenyataannya dari Dinas perizinan tidak ada izinnya,” Tegasnya.

Pengurukan Lahan Pabrik PT Shanty Gondang

Ditambahkan Suyatno, terkait pengurukan yang sedang berlangsung, ada juga perusakan pohon yang mana itu kepunyaan Dinas Lingkungan Hidup. Sejak adanya pengurukan menjadi rusak tanaman dipinggir jalan.

“Parahnya lagi, beberapa hari sebelumnya bayak debu akibat material tanah uruk, apa warga sekitar tidak terdampak.” tambahnya sambil mengelus dada saat dilokasi lahan yang diuruk. Jum’at (15/01/2021)

Lahan Pengurukan Pabrik PT Shanty di Gondang




 

Karena kondisi seperti ini, Suyatno pun mendatangi rumah Kepala Desa Gondang Kulon meminta supaya pekerjaan urukan atau pengupasan dihentikan dulu pekerjaannya.

“Intinya pekerjaan tanpa dilengkapi izin harus dihentikan, belum termasuk pengerusakan pohon yang notabene milik dinas lingkungan hidup,” ungkap Suyatno.

Pengurukan Lahan Pabrik PT Shanty Gondang

Sementara Owner PT Sedam Jaya Abadi yang diwakili mancount PT Shanti Yosep saat ditemui Berita TKP dilokasi pengurukan di Desa Gondang Kulon menyampaikan bahwa pihaknya hanya menjalankan tugas dari Owner dan sudah jalan ke Kabupaten,kalau perkembangan saya kurang tau, tugas saya hanya membangun saja.

“Kami hanya menjalankan tugas. Pembebasan tanah sudah setahun lalu, itupun sudah lewat kepala desa, kayaknya Owner sudah ada pertemuan khusus sama kepala desanya,”ucap Yosep

Lanjut Yosep, saya sudah satu bulan disini sudah beradaptasi dengan warga sini, komunikasi dengan kepala desa Pandean juga baik kita jalin komunikasi. Memang kepala desa Gondang Kulon sudah tiga hari ini sakit, tapi tetep kita komunikasi terjalin baik.

Lahan Pengurukan Pabrik PT Shanty di Gondang

Disinggung adanya pohon yang rusak oleh alat berat, Yosep membantah, semua itu tugasnya Kepala Desa, saya hanya pengurukan lahan, coba ditanyakan sama Kepala Desa yang faham pak,” terangnya

Karena belum ada pemberitahuan terkait pohon yang rusak, Yosep bungkam tidak menjelaskan secara detail, termasuk juga kerusakan yang terjadi pada pohon yang merupakan palang pintu masuk alat berat.

Sampai berita diturunkan, baik pihak Kades Gondang Kulon Sugiarto dan Yosep tidak mau dimintai keterangan. (Bas time)

EDITOR : SETYANEGARA







banner 468x60