Dinilai Tak Maksimal, Fraksi Gerindra Mendukung dan Mendesak Pembentukan Pansus Covid-19

Dinilai Tak Maksimal, Fraksi Gerindra Mendukung dan Mendesak Pembentukan Pansus Covid-19
Ahmad Suwaifi, Sekretaris Fraksi Partai Gerindra Sumenep




ZONASATUNEWS.COM,SUMENEP–Fraksi Gerindra sangat mendukung terkait wacana pembentukan Panitia Khusus (PANSUS) dan meminta kepada pimpiman DPRD Kabupaten Sumenep untuk segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) Covid-19. Saat ini sudah ada 3 Fraksi (PAN, GERINDRA, PPP) yang mendesak agar segera dibentuk Pansus Covid 19.

Sekretaris Fraksi Gerindra Ahmad Suwaifi Qayyum mengatakan, pembentukan Pansus Covid-19 ini nantinya berfungsi untuk mengawasi perkembangan kasus Covid-19 dan penggunaan anggaran Covid-19 oleh Pemkab Sumenep.

Di antaranya adalah pengawasan terkait program pencegahan yang dilakukan oleh lembaga Eksekutif yakni Pemkab Sumenep.

“Program pencegahan itu harusnya diutamakan ketimbang penanganan mengingat daya tampung itu tidak mungkin jika terjadii ledakan kasus,” kata Suwaifi saat dihubungi Zona Satu, Senin (1/6/2020).

Bila tidak segera dievaluasi, Suwaifi mengatakan nantinya kasus Covid-19 tidak tertangani namun biaya terhambur begitu saja.

“Sehingga, kita pengin terjadi pengawasan untuk mendorong eksekutif bekerja dan efisiensi anggaran,” akunya.

Dengan adanya Pansus Covid-19 ini, Suwaifi mengaku akan memudahkan para dewan dalam melakukan pengawasan.

Sebab, selama ini, pengawasan terbentuk pada kewenangan yang ada pada Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Misalnya, kata Suwaifi, Komisi I yang salah satunya membidangi tentang pemerintahan, tidak bisa mengetahui secara pasti apa yang terjadi pada rumah sakit lantaran kesehatan masuk pada bidang yang ada di Komisi IV.

Sehingga, Suwaifi mengakui bahwa tidak memungkinkan pengawasan itu dilakukan melalui AKD lantaran penanganan Covid-19 sifatnya multisektor.

“Termasuk pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dibentuk oleh Pemkab Sumenep, di mana semua dinas terlibat karena pekerjaannya multisektor,”

“Jadi, nantinya pansus ini punya kewenangan yang memadai sehingga bisa dilakukan pengawasan secara intensif dan efektif untuk kerja Pemkab Sumenep dalam penanganan Covid-19,” tuturnya.

Selain itu, pengajuan Pansus Covid-19 oleh Fraksi Gerindra ini diakui Suwaifi terjadi lantaran pihaknya banyak mendapat laporan terkait tindakan yang dilakukan Pemkab Sumenep dalam mengatasi pandemi Covid-19, Seperti terus bertambahnya jumlah warga yang terinfeksi Covid-19 sampai belum dibayarnya honor tenaga medis.

“Kami melihat Pemkab Sumenep ini tidak serius dalam mengatasi pandemi ini, sehingga kami Fraksi Gerindra mendukung dan mendesak Pimpinan Dewan untuk segera membentuk Pansus Covid-19,” ujarnya.

Fraksi Gerindra dikatakan Suwaifi akan segera bersurat secara resmi kepada pimpinan DPRD Sumenep untuk Pengajuan pembentukan Pansus Covid-19.

Editor : Setyanegara







Tags: , ,
banner 468x60