DPRD Gelar Paripurna Usulan Pemberhentian Wakil Bupati Pamekasan

DPRD Gelar Paripurna Usulan Pemberhentian Wakil Bupati Pamekasan




ZONASATUNEWS.COM, PAMEKASAN- DPRD Kabupaten Pamekasan, menggelar Rapat Paripurna pengumuman usulan pemberhentian Wakil Bupati masa jabatan 2018 – 2023 di ruang sidang DPRD setempat, Senin (15/02/2021).

Sidang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Pamekasan, Fathor Rahman dan dihadiri Bupati Pamekasan, jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, para anggota DPRD serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rahman dalam sambutan pembukaannya mengatakan, pengumuman usulan pemberhentian Wakil Bupati lantaran yang bersangkutan sudah meninggal dunia akibat sakit di RSUD dr Soetomo Surabaya.

“Oleh karena itu sesuai dengan ketentuan pasal 78 ayat 1 dan pasal 79 ayat satu 1 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah berhenti karena meninggal dunia dan pemberhentian Kepada Daerah dan Wakil Kepala Daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna,” Katanya.

Fathor juga menambahkan jika selanjutnya pihaknya akan mengusulkan ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Timur untuk mendapatkan penetapan pemberhentiannya.

Selain itu masih katanya hal ini juga sesuai dengan peraturan DPRD Kabupaten Pamekasan Nomor 1 Tahun 2019 tentang tata tertib DPRD pasal 4 huruf D dan E.

“Disana menyatakan juga bahwa DPRD mempunyai tugas dan wewenang memilih bupati dan wakil bupati dalam hal terjadi kekosongan jabatan untuk meneruskan sisa masa jabatan lebih dari 18 bulan dan mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian bupati dan wakil bupati kepada menteri dalam negeri melalui Gubernur untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentian,” Jelasnya.

Dalam sidang paripurna tersebut, pengumuman usulan pemberhentian Wakil Bupati djbacakan oleh Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Syaifuddin.

Sementara itu usai sidang paripurna, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyampaikan sangat berduka atas meninggalnya Wakil Bupati Pamekasan.

Ia menyebutkan bahwa kehilangan Wabup Raja’e bukan hanya dirinya saja yang berduka, tapi juga seluruh elemen yang ada di Kabupaten Pamekasan termasuk DPRD.

Menurutnya, almarhum merupakan sosok pejuang yang ihklas dan selalu berkomitmen membawa Kabupaten Pamekasan untuk menjadi kabupaten yang terus berkemajuan, kabupaten yang mampu bersaing dengan kabupaten maju lainnya di Indonesia.

“Kita doakan mudah-mudahan amal ibadah almarhum diterima dan segala khilafnya diampuni oleh Allah SWT. Besar harapan kita dan doa kita semua mudah-mudahan keluarganya diberi kesabaran dan putra/putrinya mendapatkan pendidikan yang baik dan bisa melanjutkan perjuangan almarhum,” Ungkapnya. (ADV)

EDITOR : SETYANEGARA







banner 468x60