Hujan Deras, Akibatkan Banjir Sebagian Wilayah Kota Pamekasan

Hujan Deras, Akibatkan Banjir Sebagian Wilayah Kota Pamekasan




ZONASATUNEWS.COM, Pamekasan – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Pamekasan pada hari Sabtu malam hingga dini hari, menyebabkan sebagian wilayah Kecamatan Kota Pamekasan terendam banjir, Minggu (23/02).

Air mulai menggenagi sebagian wilayah perkotaan dan masuk perkampungan sekitar pukul 22.00 WIB. Adapun wilayah terdampak banjir diantaranya meliputi Kelurahan Jungcangcang, Patemon, Desa Laden, Jalmak dan Desa Lemper.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Akmalul Firdaus menyampaikan, banjir yang menggenagi sebagian wilayah perkotaan disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan cukup lama, sehingga sejumlah aliran air sungai meluap.

“Luapan sungai ini merupakan kiriman dari wilayah pantura yang memang dataran tinggi hingga memasuki permukiman warga yang berada disekitarnya,” Kata Firdaus dalam keterangannya.

Ia juga mengatakan, ketinggian air yang merendam sebagian wilayah perkotaan itu ada yang hingga mencapai dada orang dewasa.

Selain itu, Firdaus juga mengungkapkan jika pihaknya kini sudah menerjunkan sejumlah personilya dari posko terpadu untuk membantu warga terdampak banjir.

“Kami sudah menurunkan tim guna membantu warga untuk mengemas barang-barang pentingnya dan melakukan evakuasi para orang tua dan warga yang sedang sakit ketempat yang lebih aman,” Ungkapnya.

Saat ini, BPBD Kabupaten Pamekasan bekerjasama dengan instansi terkait lainnya dan sejumlah relawan dibantu TNI/Polri sedang menangani sejumlah wilayah yang terkenal banjir.

Editor : Setyanegara







Tags:
banner 468x60