Indonesia Surganya Bisnis Ganja, Dalam 4 tahun Ditemukan 13 Ladang Ganja Dari Aceh Hingga Papua

Indonesia Surganya Bisnis Ganja, Dalam 4 tahun Ditemukan 13 Ladang Ganja Dari Aceh Hingga Papua
Ladang ganja ditemukan di perbatasan Papua-PNG sepanjang tahun 2017-2019




ZONASATUNEWS.COM — Ladang ganja seluas lima hektare di Mandailing Natal, Sumatera Utara, yang merupakan kabupaten perbatasan antara SumateraBarat-Sumatera Utara, berpotensi menghasilkan 60 ton dalam bentuk ganja kering. Atau senilai Rp 300 Milyar dengan harga Rp 5 juta per kilonya.

“Ladang ganja juga sudah siap dipanen. Kami perkirakan kalau sudah dipaket, bisa jadi 60 ton ganja. Jadi cukup besar hasil pengungkapan ini,” kata Irjen Nana di Polda Metro Jaya, Rabu (22/1), seperti dikutip harianhaluan.com.




Personel gabungan menemukan lima hektar ladang ganja siap panen di areal pegunungan Simpang Pahu, Desa Banjar Lancat, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Sabtu 18 Januari 2020.

Penemuan Ladang Ganja tahun 2017-2020

Penemuan ladang ganja di Mandailing tersebut bukanlah yang pertama. Ditahun 2019 sebelumnya, di Kabupaten Mandailing Natal juga pernah ditemukan lokasi ladang ganja seluas 7 hektar tepatnya di desa Pardomuan, Kecamatan Penyabungan Timur.

Ladang ganja juga ditemukan diberbagai wilayah Indonesia. Dari penelitian tim zonasatunews.com, setidaknya dalam 4 tahun terakhir (2017-2020) ditemukan sedikitnya 13 lokasi ladang ganja oleh Polri maupun TNI. Lokasi itu menyebar sejak dari Aceh hingga perbatasan Papua-Papua New Gini.

Penemuan terbanyak terjadi pada tahun 2019, yaitu di tujuh wilayah. Sepanjang tahun 2018 Aceh menjadi tempat penanaman ganja terbesar, 20 hektar. Selengkapnya dapat dilihat dalam tabel dibawah ini.

Perbatasan Papua-PNG Rawan

Ladang ganja ditemukan di perbatasan Papua-PNG sepanjang tahun 2017-2019. Daerah yang sulit dijangkau dan terpencil seperti perbatasan ini merupakan ladang empuk bagi investor barang haram ini. TNI dalam operasi patroli sering menemukan ladang ganja disana.Tetapi karena keterbatasan personil dan perlengkapan, jangkauannya menjadi terbatas. Siapa yang menanam, sangat sulit diidentifikasi.

Ladang ganja ditemukan di perbatasan Papua-PNG sepanjang tahun 2017-2019

Indonesia negara produsen narkoba

Indonesia tidak lagi sekadar menerima pasokan narkoba dari negara tetangga. Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Sulistyo Pudjo menyebut Indonesia kini sudah dijadikan tempat memproduksi narkoba.

“Kita saat ini tidak hanya daerah penerima, tapi jadi daerah pasar, jadi produsen. Artinya teknologi membuat narkotika telah dikopi, ditiru dari negara asing,” kata Pudjo kepada Medcom.id, di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu, 24 Juli 2019.
 
BNN, terang dia, banyak menemukan rumah produksi narkoba. Di antaranya di Kalideres, Jakarta Barat; Bogor, Bandung, Jawa Barat; Semarang, Jawa Tengah, dan Riau.

 

Rumah produksi narkoba yang berhasil digrebek petugas, berlokasi di Riau, tahun 2019

Bisnis yang menggiurkan

Terbukti lahan di Indonesia sangat cocok ditanami ganja. Wilayah seperti Aceh, Mandailing,Lahat, Garut, Purwakarta, bahkan di perbatasan Papua, tanaman ini bisa hidup subur. Tanaman ini rupanya tidak membutuhkan lahan maupun perawatan khusus. Hanya perlu mencari lahan yang terpencil, jauh dari penduduk, serta terhindar dari penciuman pihak keamanan, maka “bercocok-tanam” ganja merupakan bisnis yang menggiurkan.

Harga yang selangit, permintaan yang besar, heem…pantas Indonesia menjadi “surga” bagi bisnis ganja mapun narkoba lainnya. Siapa pemilik usaha ini?

Ditemukan ladang ganja 20 hektar Di Aceh sepanjang tahun 2018

Penulis : Budi Puryanto

Editor : Setyanegara







Tags: , , ,
banner 468x60

2 Responses

  1. https://sportzdrowie.com.pl/forum/zele-masci-plastry-f15/paski-crest-pl-opinie-t408.htmlFebruary 25, 2020 at 10:31 pm

    … [Trackback]

    […] Find More Info here on that Topic: zonasatunews.com/nusantara/indonesia-surganya-bisnis-ganja-dalam-4-tahun-ditemukan-13-ladang-ganja-dari-aceh-hingga-papua/ […]

  2. Dentist in PeterboroughFebruary 25, 2020 at 11:28 pm

    … [Trackback]

    […] Read More here on that Topic: zonasatunews.com/nusantara/indonesia-surganya-bisnis-ganja-dalam-4-tahun-ditemukan-13-ladang-ganja-dari-aceh-hingga-papua/ […]