Pemkab Pamekasan Gelar Pelatihan Linting Rokok Bagi Pencari Kerja

Pemkab Pamekasan Gelar Pelatihan Linting Rokok Bagi Pencari Kerja




ZONASATUNEWS.COM, PAMEKASAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja menggelar pelatihan linting rokok gratis bagi pencari kerja, Senin (13/09/2021).

Pelatihan yang digelar di Perusahaan Rokok (PR) Ayunda yang berlokasi di Desa Jarin, Kecamatan Pademawu itu diikuti oleh 20 orang peserta.

Acara dihadiri Plt Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Pamekasan, Kabag Perekonomian pada Setdakab Pamekasan dan Kepala Desa setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPTSP Naker Pamekasan, Supriyanto, menyebutkan, jika pemberian pelatihan gratis itu khusus bagi masyarakat yang ingin menjadi buruh di pabrik rokok.

Ia juga mengatakan bahwa pelatihan yang akan dilaksanakan selama sepuluh hari itu, dananya bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Pamekasan Tahun 2021.

“Dari anggaran DBHCHT ini sebagian diperuntukkan untuk DPMPTSP Naker, yang menurut petunjuk pelaksanaannya dapat digunakan untuk pelatihan buruh tani dan buruh pabrik rokok,” katanya.

Namun demikian, lanjut Supriyanto, karena kalau buruh tani itu yang mengadakan dari Dinas Pertanian pihaknya mengambil dari buruh pabrik rokok.

“Karena yang untuk buruh tani sudah diambil Dinas Pertanian, maka saya mengambil dari buruh pabrik rokoknya,” ujarnya.

Ia berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik agar hasilnya maksimal sesuai dengan petunjuk instruktur.

“Karena pelatihan disini (PR Ayunda) ini merupakan yang pertama, saya berharap para peserta pelatihan untuk bekerja lebih baik karena ini nantinya akan menjadi contoh bagi yang lainnya,” ungkap mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pamekasan.

Dalam kesempatan itu pula, ditandatangani MoU antara Plt Kepala DPMPTSP Naker, Kabupaten Pamekasan, Supriyanto, dengan Owner PR Ayunda, Bambang Budianto, dimana dalam MoU itu disebutkan bahwa semua yang ikut pelatihan, akan dipekerjakan di PR Ayunda.

“Tetapi walaupun sudah ada MoU dengan PR Ayunda, saya berharap peserta pelatihan untuk bekerja dengan baik sehingga sama-sama diuntungkan,” pungkasnya.(ADV)

EDITOR : REYNA







banner 468x60