Pencak Silat Cakra Kembang Jadi Unggulan Kegiatan Ekstra SD Di Gunungkidul

Pencak Silat Cakra Kembang Jadi Unggulan Kegiatan Ekstra SD Di Gunungkidul




Yogyakarta, Zonasatu News –Workshop Kurikulum Tahun Pelajaran 2019 -2020, Pencak Silat Cakra Kembang Jadi Unggulan Kegiatan Ekstra SDN Sendowo 3 Nglipar Gunungkidul.

Untuk pemenuhan proses belajar mengajar pada peserta didik sekolah dasar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta memberlakukan kurikulum 2013 di tingkat Sekolah Dasar. Kurikulum itu diantaranya menyinggung tentang kegiatan ekstra kurikuler peserta didik

Seperti yang dipaparkan Kepala Sekolah SDN Sendowo 3, Sarjuni Spd.Mpd saat Workshop 5 Juli 2019, di Pengkol Nglipar. Selain kegiatan akademik, siswa juga diberikan peluang untuk mengikuti beragam kegiatan non akademik. Ada beberapa kegiatan non akademik mulai dari kegiatan keagamaan, pramuka, drum band, club olah raga atletik, juga Pencak Silat Cakra Kembang yang juga sebagai unggulan.

Menurut Kasek SDN Sendowo 3, selain berprestasi di bidang akademik siswanya juga berprestasi di bidang non akademik, beragam kejuaraan berhasil diraih , baik tingkat kabupaten, propinsi, Nasional, bahkan untuk Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Asia Eropa, salah satu peserta didiknya berhasil menggondol medali emas pada tahun 2018 lalu.

“Selain prestasi di bidang akademik, perserta didik kami juga berprestasi di bidang non akademik, selain atletik, juga cabang olahraga seni pencak silat yang berhasil maraih juara 1 pada kejuaraan Asia Eropa “, tegas Kasek SDN Sendowo 3 Sarjuni Spd.Mpd.




Siswa pesilat Cakrakembang

Hal senada juga dikatakan Pengawas Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Olah raga Kabupaten Gunungkidul. Peserta didik memang harus diberikan kesempatan, selain mengikuti kegiatan akedemik, juga diberikan kegiatan ekstra yang sifatnya ringan, hal itu selain untuk pengembangan bakat dab karakter siswa, juga untuk menggali potensi yang ada.

Sementara, salah satu anggota komite, Wasto peserta Workshop, mengatakan, kegiatan ekstra sekolah memang dipandang perlu, sebagai sarana untuk menunjang prestasi anak selain dibidang akademik.

Wasto juga memberikan tanggapan positif tentang ekstra Pencak Silat Cakra Kembang Menurutnya Cakra Kembang sudah sangat teruji dan sudah membuktikan melahirkan atlet atlet berprestasi hingga ketataran Internasional.

“Harapan kami cakra kembang bisa bersinergi dengan sekolah terkait, sehingga kedepan bisa mengharumkan nama besar khususnya SDN Sendowo 3”, kata Wasto pada Zonasatu News.(bang).







Tags: , ,
banner 468x60