Peringati HMPI 2021 : Komunitas Pecinta Alam Lakukan Penghijauan Di Jalur Pendakian Lereng Wilis

Peringati HMPI 2021 : Komunitas Pecinta Alam Lakukan Penghijauan Di Jalur Pendakian Lereng Wilis




ZONASATUNEWS.COM, KEDIRI — Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2021 ribuan aktifis pecinta alam dari 96 komunitas berbagai daerah mengadakan penghijauan.

Mereka menanam ribuan pohon dilereng jalur pendakian Gunung Wilis di sekitar Taman Kelir Desa Joho Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, pada hari Minggu (28/11).

Nampak dalam pantauan wartawan, para aktifis pecinta alam sudah mulai berdatangan sejak hari Sabtu (27/11).

Banyak relawan yang berdatangan dengan dengan rombongan komunitasnya masing-masing. Peserta ada yang datang dari Surabaya, Jember, Sidoarjo, Malang, Mojokerto dan Lumajang.




Salah satu peserta Fikri Azis dan Ahmad Subehan mengatakan, “Kami berangkat naik sepeda motor dari Lumajang dan baru nyampai lokasi Base Camp Pendakian Wilis Via Taman Kelir desa Joho. Kami bisa sampai kesini lewat panduan Googlemaps, ternyata suasananya sangat bagus sekali dan warga sekitar juga ramah-ramah.”

Seakan tak mau ketinggalan dalam penghijauan lereng Wilis. Kalaksana BPBD Kota Kediri, Indun Monawaroh terlihat juga turut serta mengirimkan personilnya. Bahkan Srikandi BPBD Kota Kediri tersebut juga turut melakukan penanaman pohon dengan personilnya naik menuju ke jalur pendakian menuju puncak.

Salah satu peserta, Heru Setyobudi SH mengatakan, “Saya datang dengan rombongan malam kemarin, lokasi sangat bagus untuk menjadi bumi perkemahan tapi sayang jalan menuju lokasi masih makadam, semoga Bupati Kediri segera melakukan pengaspalan karena lokasi tersebut bisa menjadi tempat pariwisata bila ditunjang sarana dan prasarana yang baik.”

Acara penanaman ribuan pohon juga dihadiri perwakilan dari Pemkab dan Pemkot Kediri, DPRD, BPBD Kota dan Kabupaten Kediri, Perhutani, Dinkes, TNI, POLRI dan instansi lainnya.

“Acara puncak Bakti Wilis Kediri 2021 ini kami pusatkan di sekitar jalur pendakian menuju puncak kelir, kegiatan ini tidak sekedar seremonial belaka, kegiatan penghijauan ini dilaksanakan secara serentak pada hari Minggu (28/11) diberbagai Kota dan Kabupaten diantaranya Kediri, Nganjuk, Tulung Agung, Madiun dan Ponorogo. Kegiatan penghijauan ini adalah bagian dari upaya mitigasi untuk pengurangan resiko bencana alam (banjir, tanah longsor dan kekeringan) yang selama ini terjadi di pegunungan Wilis.” ungkap Ketua Panitia Bakti Wilis Kediri, Joko Suprayitno

Aksi ini juga dihadiri sekitar 96 komunitas dari berbagai unsur, mulai dari Ormas, LSM, Komunitas Pendaki, Mahasiswa Pecinta Alam, FPRB Kabupaten dan Kota Kediri, Pemuda Pecinta Alam hingga para Pelajar dan Mahasiswa. Pungkas Joko, pria yang juga menjadi Aktifis Ormas DPD PEKAT IB Kediri. (Roy)

EDITOR : REYNA







banner 468x60