Pesilat SMPN 4 Nglipar Gunungkidul Ramaikan Pawai Ribuan Pendekar Internasional

Pesilat SMPN 4 Nglipar Gunungkidul Ramaikan Pawai Ribuan Pendekar Internasional




Laporan : Bambang Widodo
Editor : Setyanegara

Yogyakarta, Zonasatu News –Sepanjang Jalan Malioboro Jogjakarta dipenuhi ribuan pendekar silat dari berbagai perguruan di Indonesia maupun manca negara. Festival Pencak Malioboro yang ke-6 tahun ini melibatkan tidak kurang 7000 pesilat dari berbagai aliran.

Agenda rutin dua tahunan yang di gelar Tantungan Projek dan Paseduluran Angkringan Silat Yogyakarta ini juga melibatkan pesilat dari luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, dan beberapa negara lainya.




Festival Pencak Malioboro kali ini hampir mayoritas diikuti pesilat dari kalangan pelajar, diantaranya para pesilat asal SMP Negeri 4 Nglipar Gunungkidul. Pada event Internasional Pencak Malioboro Festival 6, Minggu 8 september 2019, SMP Negeri 4 Ngipar Gunungkidul menurunkan sekitar 100 pesilat pelajar untuk turut unjuk kebolehan.

Seperti dikatakan Kepala sekolah Tri Harjono Spd, Mpd. Pencak Silat merupakan salah satu kegiatan ekstra sekolah yang bertujuan untuk memberikan peluang kepada para anak didik agar mampu mengukir prestati di bidang olahraga, disisi lain untuk mengajarkan siswa untuk mencintai seni budaya negeri sendiri, khususnya pencak silat.

“Dalam Festival Pencak Malioboro 6 kemaren, kami menyuguhkan bergodo lombok abang yang dikolaborasi dengan pencak silat, hal ini sebagai bentuk tampilan seni budaya yang selama ini kami lestarikan dan ajarkan kepada anak anak didik”, tegas Tri Harjono Kasek SMPN 4 Ngilpar Gunungkidul.

Ditambahkan, SMP Negeri 4 Nglipar juga mempunyai beragam kegiatan ekstra yang berbasis seni budaya dan olahraga, hal ini sebagai sarana pengembangan bakat dan minat para peserta didik, agar kedepanya mampu berprestasi sesuai bidangnya masing masing.

Ada beberapa prestasi yang berhasil diraih para siswa SMP Negeri 4 Ngipar diantaranya dibidang akedemisi dan olahraga, bahkan ada atlet pencak silat pelajar SMP Negeri 4 Ngipar yang berhasil meraih medali perak diajang kejuaraan pencak silat tingkat Asia Eropa dan internasional.







Tags: , ,
banner 468x60