Pesta Demokrasi Tingkat Desa, Desa Ketawang Karay Terlaksana Dengan Baik

Pesta Demokrasi Tingkat Desa, Desa Ketawang Karay Terlaksana Dengan Baik




ZONASATUNEWS.COM, SUMENEP– Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumenep Tahun 2021, khususnya di Desa Ketawang Karay, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, terlaksana dengan baik, aman dan lancar. Kamis (25/11/2021).

Berdasarkan perolehan hasil penghitungan suara di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang direkap di balai Desa setempat dengan disaksikan semua Panitia, BPD, Kapolsek, Danramil serta saksi masing-masing calon, menunjukkan bahwa calon nomor 1. Abdul Haris memperoleh suara sah berjumlah 652, calon nomor 2. Hairuddin memperoleh suara sah berjumlah 1195, sedangkan calon nomor 3.Rumsi memperoleh suara sah berjumlah 1069. Sedangkan suara tidak sah berjumlah 27.

Dengan demikian berdasarkan data tersebut, Kepala Desa terpilih merupakan calon Kades incumbent nomor 2 atas nama Hairuddin dengan jumlah suara sah 1195.

Homaidi selaku ketua panitia mengatakan, bahwasanya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dengan sistem berbasis TPS saat pemungutan dan penghitungan suara dianggap efektif dan perlu tetap dilanjutkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep dimasa Pilkades selanjutnya meskipun bukan masa Pandemi Covid 19.

” Karena sistem ini meminimalisir kriminalitas dan tumpukan-tumpukan yang membuat gesekan-gesekan yang kurang baik, dan kalau perlu ini ditiru oleh Pemkab yang lain agar supaya mengadakan Pilkades berbasis TPS ini “. Katanya.

Bahkan sistem berbasis TPS ini perlu dukungan penuh oleh Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terutama dalam hal pembiayaan, mengingat dana yang diberikan Pemkab Sumenep untuk panitia Pilkades dirasa kurang banyak.

Sedangkan prosentase kehadiran pemilih kurang lebih mencapai 75% dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 3421 orang.

” Yang tidak hadir ini ada yang meninggal, dan diluar kota, dan bahkan ada yang sakit, kalau yang tidak sakit alhamdullillah mereka datang “. Imbuhnya.

Suksesnya pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkades Di Desa Ketawang Karay, tidak lepas adanya peran serta pihak Polri, TNI dan Brimob yang terus bersinergi dengan panitia serta berbaur dengan Masyarakat demi suksesnya pelaksanaan pemilihan, dengan demikian diharapkan kedepan Masyarakat kembali bersatu seperti semula.

EDITOR : REYNA







banner 468x60