Pilkada Ngawi (1) : Saatnya Tokoh Muda NU Tampil

Pilkada Ngawi (1) : Saatnya Tokoh Muda NU Tampil




Oleh : Budi Puryanto,

(Pemred zonasatunews.com)

Tahun depan (2020) Kabupaten Ngawi akan menggelar Pilkada. Pemilihan Bupati/Wakil. Pilkada ini cukup menarik. Terutama bila dilihat dari kandidat yang akan muncul.

Pertama, berakhirnya secara resmi kepemimpinan Ir. Budi Sulistyono (Kanang /Mbah Kung). Selama 20 tahun Mbah Kung memimpin Ngawi. 10 tahun sebagai Wakil Bupati. 10 tahun sebagai Bupati.

Meski tidak bisa maju lagi, pengaruh Mbah Kung sangat kuat. Bisa dikatakan, siapa pemenang Pilkada tergantung siapa yang direstui Mbah Kung.

Dua nama yang sempat disebut oleh Mbah Kung : Ony Anwar Harsono (Wakil Bupati sekarang) dan Dwi Riyanto Jatmiko/Antok (Ketua DPRD sekarang).

Diperkirakan salah satu dari mereka yang akan pimpin Ngawi. Dengan catatan mereka tidak berpasangan. Bila mereka berpasangan, akan semakin berat bagi lawannya untuk menang. Bagi Ony maupun Antok, cara termudah dan termurah adalah berpasangan.

Tapi ini pertarungan politik. Bisa saja segala kemungkinan terjadi. Secara kalkulasi politik, keduanya belum bisa disebut pasti “aman”.

Kedua, setelah Mbah Kung, tidak ada calon yang benar-benar kuat secara pribadi.Ony sebenarnya masih terbayangi oleh nama besar ayahnya dr. Harsono (mantan Bupati Ngawi 2 periode). Begitu pula Antok, orang tetap melihat sebagai bayang-bayang Mbah Kung.

Nasionalis-NU

Segmen pemilih terbesar di Ngawi masih didominasi oleh kelompok nasionalis dan NU.Maka idealnya untuk meraup suara besar pasangan Bupati/Wakil itu juga mencerminkan representasi dari Nationalis-NU.

Sayangnya kedua calon diatas (Ony dan Antok) belum mereprentasikan NU. Keduanya termasuk kelompok nasionalis. Tentu ini bisa menjadi kekurangan dalam strategi menggaet suara NU. Ini bisa dipahami pula, perlunya kandidat calon Bupati/Wakil Bupati mempertimbangkan menggandeng tokoh NU.

Banyak tokoh muda NU yang layak bertanding diarena Pilkada Ngawi. Beberapa nama yang sudah beredar misalnya, Rudi Triwahid/Rudi (mantan Ketua PC Ansor Ngawi/mantan Ketua PW Ansor Jatim). Muhamad Sultoni/Toni (mantan Ketua KPU Ngawi). Juga Mahsun (Ketua PC Ansor Ngawi). Choirul Anam (ketua PKB, pengasuh pondok). Dan lainnya.

Dalam pasar politik kekinian, tokoh NU sedang naik daun. Presiden/Wakil Presiden (Nasionalis-NU). Gubernur /Wakil Gubernur Jatim (NU-Nasionalis).Jadi sangat ideal untuk kepentingan strategis-taktis, semua kandidat Bupati/Wakil Bupati menggandeng  tokoh NU. 

Editor : Setyanegara 

 







Tags:
banner 468x60