Sering Menelan Korban, Jalan Lintas Kecamatan Monta-Langgudu Perlu Perhatian Serius Pemkab Bima

Sering Menelan Korban, Jalan Lintas Kecamatan Monta-Langgudu Perlu Perhatian Serius Pemkab Bima

Bima,  Zonasatu News –Jalan Lintas Kecamatan Monta-Langgudu Selatan Harus Mendapat Perhatian PEMKAB Bima Agar Tidak Terus Menelan korban.

Jalan Lintas Monta-Langgudu Selatan merupakan jalan yang menghubungkan Kecamatan Monta dengan beberapa Desa di Langgudu bagian Selatan Laut teluk Waworada. Beberapa Desa yang ada di pesisir Langgudu Selatan anatara lain Desa Tamandaka, Desa Pusu, Desa Waduruka, Desa Karampi dan Desa Sarae Ruma.

Pembukaan jalan raya ini telah dilakukan sejak tahun 2013 silam. Namun sampai saat ini keberadaan jalan ini tidak pernah diperhatikan kembali oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bima, seolah seolah-olah beberapa Desa yang berada dibagian langgudu selatan bukanlah bagian dari Kabupaten Bima.

Keberadaan jalan ini kerapkali memicu terjadinya kecelakaan terhadap pengendara roda 2 lebih-lebih roda 4 dikarenakan ada banyak tanjakan curam serta dipenuhi kerikil dan batu-batu besar. Jalan yang sesungguhnya tidak layak lagi digunakan ini terpakasa di lalui dan lewati oleh masyarakat demi kelancaran aktivitas dan rutinitasnya.

Sejak pembukaan jalan sampai di tahun 2019 sudah tercatat banyak terjadi kecelakaan, namun kecelakaan yang terjadi kemarin tanggal 9 Juli 2019 sekitar pukul 13.30 Wita adalah kecelakaan terparah sepanjang di bukanya ruas jalan lintas Monta-Langgudu Selatan ini. Dimana pick up yang memuat sekitar 17 penumpang ini gagal melewati tanjakan curam, sehingga akhirnya terguling dan beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Tujuh orang mengalami luka berat dan 10 orang mengalami luka ringan hingga akhirnya di Puskesmas terdekat.

Kendaraan puckup terguling akibat jalan rusak dan tidak layak dilewati kendaraan

Tidak hanya itu, meningkatnya kebutuhan dan taraf hidup masyarakat yang ada di Langgudu Selatan mengharuskan proses pembangunan lebih lanjut terhadap infrastruktur jalan raya ini dilakukan sesegera mungkin setelah 6 tahun terakhir diabaikan oleh pemerintah Daerah.

Berbagai upaya telah coba dilakukan oleh masyrakat setempat lebih khususnya oleh beberapa aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Langgudu (PEMULA), mulai dari langkah audiensi sampai aksi unjuk rasa. Audiensi terakhir dilakukan di Aula Kantor Camat Langgudu sekitar 2 minggu yang lalu dimana langsung di tanggapi oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima bapak Nukrah, S.Sos.

Sampai sejauh ini belum ada respon yang begitu serius dari Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Bima untuk memperhatikan kondisi jalan di Wilayah Langgudu Selatan ini. Hal itu ditandai dengan tidak adanya pekerjaan lebih lanjut oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bima.

“Masyarakat kecamatan langgudu selatan sangat berharap Pemerintah Daerah bisa membuka mata dan tidak mengabaikan keadaan dan kondisi jalan yang menghubungkan Kecamatan Monta dan beberapa Desa yang ada di Langgudu bagian selatan Teluk Waworada,” kata tokoh masyarakat disana kepada zonasatunews.com.

loading…

Tags: ,
banner 468x60