Tuntut Harga SKAB Turun, Sopir Truk Pasir Lakukan Audiensi

Tuntut Harga SKAB Turun, Sopir Truk Pasir Lakukan Audiensi




ZONASATUNEWS.COM, LUMAJANG— Puluhan sopir yang tergabung dalam paguyuban armada sopir truk pasir melakukan audiensi di Kantor Kecamatan Candipuro.

Audiensi tersebut bertujuan menuntut pemerintah menurunkan haraga Surat Keterangan Asal Barang (SKAB).

Tuntutan yang ditujukan kepada pemerintah didasari oleh kondisi Pandemi Covid-19 yang berdampak kepada para sopir truk, Rabu (16/09/2020).

Para sopir tersebut juga mengancam untuk tetap bekerja, namun tidak akan membayar SKAB jika tuntutannya tidak dipenuhi.

“Kita sangat menginginkan adanya suatu kebijakan yang pro terhadap kami, jika harga tidak diturunkan maka kita akan tetap bekerja namun tidak bayar SKAB,” ujar salah satu orang peserta audiensi.

Ungkapan tersebut disampaikan, didasari oleh kondisi ekonomi yang saat ini dialaminya sedang dalam kondisi tidak baik, karena sudah tidak bekerja dalam beberapa hari.

Harga pasir turun

Hanafi, Ketua Paguyuban Sopir Truk Candipuro menyatakan, dengan adanya Pandemi Covid-19 harga pasir mengalami penurunan.

Sehingga paguyuban menuntut ditingkat kecamatan untuk melakukan konsolidasi menurunkan harga SKAB.

Harga per satu lembar SKAB adalah Rp 100 ribu. Harga tersebut dinilai sangat tinggi dan membuat sopir tidak mendapat untung.

Hanafi meminta suatu keberpihakan terhadap sopir truk pasir.
Karena Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak kepada sektor bahan pokok namun juga pasir.

“Sebenarnya harga SKAB adalah Rp 25.000 masuk ke kas pemerintah, kita meminta harganya turun Rp 50.000. Dengan seperti itu pemerintah daerah sudah meraup untung 100 persen,”ucapnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Pemkab Lumajang, Teguh Widjayanto, tidak bisa mengambil keputusan secara langsung terkait aspirasi armada sopir truk.

Namun ia berjanji akan tetap menindaklanjuti aspirasi sesuai yang telah didiskusikan dalam audiensi tersebut.

“Seperti yang telah disampaikan, kita menerima aspirasi para sopir dan akan menindaklanjutinya,” ungkapnya.

Tindak lanjut yang dilakukan tersebut yakni, akan mengumpulkan semua stakeholder dan akan segera memutuskan kebijakan yang nantinya kebijakan tersebut atas dasar persetujuan Bupati.

EDITOR : SETYANEGARA







Tags: , ,
banner 468x60