Ini 5 Klub Sepakbola Terkaya Indonesia Versi Forbes

Ini 5 Klub Sepakbola Terkaya Indonesia Versi Forbes
Para pemain Persib Bandung saat melakukan selebrasi.




Jakarta (ZONASATU News)–Liga 1 merupakan kompetisi resmi yang pertama usai PSSI melepas sanksi pembekuan FIFA, dan Forbes pun merilis daftar klub paling kaya se-Indonesia.

Memasuki musim berakhir, klub-klub Liga 1 pun akan terus memperbaiki skuat mereka dengan berusaha mendatangkan sejumlah pemain terbaik. Mendatangkan para pemain terbaik, entah itu pemain lokal atau marquee player, diyakini akan membutuhkan uang dalam jumlah tak sedikit.

Hal ini membuat sebagian besar klub mencari sumber dana, mulai dari investor dan dukungan sponsor, hingga pemerintah daerah untuk mempersiapkan diri di musim depan.

Majalah bisnis dan keuangan ternama asal Amerika Serikat, Forbes pun kembali merilis sejumlah klub yang diyakini memiliki kekuatan finansial yang luar biasa, kali ini khusus klub-klub Indonesia.

Portal berita olahraga Indosport.com telah merangkum 5 tim yang paling kaya di Indonesia menurut Forbes:

Persib Bandung

Tim yang memiliki julukan Maung Bandung memang menjadi sensasi tersendiri usai mendatangkan mantan penggawa Chelsea, Michael Essien dan mantan penggawa West Ham United, Carlton Cole.

Meskipun musim yang buruk di Liga 1, tim yang berada dalam naungan PT Persib Bandung Bermartabat memang terlihat memiliki cukup banyak sponsor di jersey kebanggaan mereka.

Klub yang memiliki barisan pendukung bernama Bobotoh ini juga merupakan klub terboros di Indonesia dengan pengeluaran tahunan sebesar Rp2,24 triliun. Persib di antaranya disponsori oleh Datsun, Indofood, Indosat, dan Kopi ABC.

Persebaya 1927

Awal tahun 2017 kemarin menjadi awal baru bagi Persebaya, karena secara resmi kembali diputihkan dalam kongres PSSI 2017, yang digelar di Bandung.

Keputusan ini juga mencakup bahwa Persebaya 1927 bakal bermain di kompetisi kasta kedua Indonesia, yaitu Liga 2. Usai kabar baik ini, manajemen Persebaya juga mendapat suntikan dana dari investor baru, yaitu Jawapost Grup. Saat ini, mereka sedang mengikuti babak 8 besar Liga 2 di Grup Y.

Forbes menyatakan klub favorit Bonek Mania ini memiliki pengeluaran yang cukup besar, yakni Rp2,19 triliun.

Persipura Jayapura




Persipura Jayapura

Jelang dimulainya Liga 1 beberapa bulan lalu, Persipura mengalami kesulitan finansial karena PT Freeport mencabut dukungannya.

Namun Forbes menyatakan bahwa klub yang berjuluk Mutiara Hitam itu memiliki pengeluaran yang cukup besar, sebesar Rp1,31 triliun. Karena pengeluaran besar tersebut, Forbes menempatkan Persipura di posisi ketiga sebagai klub terkaya di Indonesia. Saat ini, Persipura memiliki beberapa sponsor, antara lain Bank Papua, Bosowa, dan Telkomsel.

Mitra Kukar

Mitra Kukar, Kutai Kertanegara

 

Mitra Kukar merupakan tim sepakbola yang masih sangat muda dibanding tim-tim lainnya di Indonesia. Baru saja muncul, klub berjuluk Naga Mekes ini masuk dalam daftar klub terkaya di Indonesia versi Forbes.

Apalagi, kalau bukan pengeluaran klub yang menjadi tolak ukur. Klub asal Kalimantan Timur ini menghabiskan sebanyak Rp1,29 triliun. Angka ini bahkan belum termasuk dana yang mereka keluarkan untuk mendatangkan Mohamed Sissoko.

Mitra Kukar memiliki sejumlah sponsor seperti PT Petrona, ABP Energy Indonesia, dan Octa FX.

Semen Padang

Semen Padang, Padang

 

Prestasi terakhir Semen Padang adalah mereka berhasil mencapai babak semifinal Piala Presiden pada tahun 2017.

Dalam catatan keuangan yang dirilis Forbes, tim Kabau Sirah itu memiliki pengeluaran total sebesar Rp1,26 triliun. Tidak heran, karena klub ini memang dimiliki oleh PT Semen Padang, produsen semen tertua di Indonesia.







banner 468x60

8 Responses

  1. fun empire laser tagMay 11, 2020 at 5:35 am

    … [Trackback]

    […] There you will find 73836 additional Info to that Topic: zonasatunews.com/olahraga/ini-5-klub-sepakbola-terkaya-indonesia-versi-forbes/ […]

  2. 유흥사이트May 16, 2020 at 9:16 pm

    … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: zonasatunews.com/olahraga/ini-5-klub-sepakbola-terkaya-indonesia-versi-forbes/ […]

  3. 타이마사지May 25, 2020 at 12:50 am

    … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: zonasatunews.com/olahraga/ini-5-klub-sepakbola-terkaya-indonesia-versi-forbes/ […]

  4. british dragon anavarJune 26, 2020 at 3:23 pm

    … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: zonasatunews.com/olahraga/ini-5-klub-sepakbola-terkaya-indonesia-versi-forbes/ […]

  5. 먹튀검증-371June 27, 2020 at 2:41 pm

    … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: zonasatunews.com/olahraga/ini-5-klub-sepakbola-terkaya-indonesia-versi-forbes/ […]

  6. buy Facebook likesJuly 4, 2020 at 9:17 pm

    … [Trackback]

    […] Info to that Topic: zonasatunews.com/olahraga/ini-5-klub-sepakbola-terkaya-indonesia-versi-forbes/ […]

  7. replica iwc 3736July 17, 2020 at 2:14 am

    … [Trackback]

    […] Information to that Topic: zonasatunews.com/olahraga/ini-5-klub-sepakbola-terkaya-indonesia-versi-forbes/ […]

  8. สินเชื่อAugust 5, 2020 at 11:41 am

    … [Trackback]

    […] Information on that Topic: zonasatunews.com/olahraga/ini-5-klub-sepakbola-terkaya-indonesia-versi-forbes/ […]