Ketua DPR Resmikan GKSB Guna Perkuat Diplomasi Parlemen

Ketua DPR Resmikan GKSB Guna Perkuat Diplomasi Parlemen




ZONASATUNEWS.COM –Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi peningkatan jumlah negara yang tergabung dalam Group Kerja Sama Bilateral (GKSB) dari yang sebelumnya berjumlah 54 negara kini bertambah menjadi 102 Parlemen negara sahabat. Bertambahnya jumlah negara itu diharapkan mampu memperkuat jalinan kekeluargaan dan kerja sama dengan negara lain.

“Kami tentu saja berharap penambahan banyak negara ini bukan hanya untuk acara seremonial saja tapi bagaimana jalinan persahabatan dan kekeluargaan diantara negara ini akan mengingatkan kembali sejarah-sejarah seperti yang pernah disampaikan founding father Bung Karno,” ujar Ketua DPR Puan Maharani saat meresmikan GKSB 102 Parlemen negara sahabat di Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Adapun ada empat harapan yang disampaikan oleh Puan terkait GKSB ini yakni memperkuat hubungan bilateral Indonesia dengan negara sahabat, meningkatkan kesepahaman terkait isu-isu global, menghasilkan terobosan atau inovasi yang memecahkan tantangan baru di dunia dan meningkatkan kepercayaan dan mutual understanding dari negara Indonesia dengan parlemen negara sahabat.

Puan juga menjabarkan bahwa di tahun 2020 ini, DPR RI akan menjadi tuan rumah di 2 kegiatan internasional yakni Indonesia Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) dan Sidang Ketua Parlemen Negara Eurasia. Melalui dua kegiatan itu diharapkan menjadi momentum meningkatkan jalinan persahabatan Indonesia dengan negara lain.

“Tentu saja ini salah satu implementasi bahwa politik bebas aktif yang dilakukan parlemen Indonesia atau DPR ini diharapkan menguatkan jalinan persahabatan dan kekeluargaan di negara-negara lain,” tutur politisi PDI-Perjuangan ini.

Turut serta dalam peresmian GKSB ini, Pimpinan DPR RI dan Pimpinan BKSAP DPR RI. Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengatakan bahwa diplomasi Indonesia di dunia internasional membutuhkan kerja sama dengan banyak pihak. DPR RI pun diharapkan mampu berperan serta aktif dalam menjalankan tugas diplomasi untuk meningkatkan semangat kekeluargaan dengan bangsa lain.

Editor : Setyanegara
Sumber : parlemenone.com







Tags: ,
banner 468x60