King Maker Itu Bernama Budi Gunawan

King Maker Itu Bernama Budi Gunawan

Oleh : Budi Puryanto, Pemred zonasatunews.com 

Budi Gunawan (BG), Kepala BIN itu tiba-tiba muncul menjadi arsitek kunci pertemuan Prabowo-Jokowi. Luar biasa. Untuk prestasi ini dia mengalahkan seniornya : Luhut BP,  Wiranto, Moeldoko, juga Hendro Priyono.

Jokowi dan para pendukungnya paham betul, pertemuan harus terjadi sebelum pesta kemenangan. Bagaimana pun caranya. Apapun syarat yang diminta  Prabowo akan diiyakan. Yang penting mau bertemu dulu. Toh syara itu, kalau memang Prabowo minta syarat, bisa dinego, bisa juga diingkari. Nanti.

Dan, terjadilah pertemuan informal di MRT itu. Publik geger. Pendukung Prabowo marah-marah. Emak-emak menangis histeris.Sempurnalah skenario kekalahan Prabowo. Sementara BG mengukuhkan level politiknya : level puncak. Dia King Maker baru saat ini.

BG akan mewarnai hiruk pikuk jagat politik Indonesia saat ini. Dia memegang 3 kartu truf sekaligus. Kartu Jokowi, kartu Prabowo, dan kartu Megawati. Ketiga orang ini menjadi penentu arah politik Indonesia saat ini. BG berpotensi mengendalikan ketiganya.

Menarik, mengapa BG bisa mencapai level politik begitu tinggi. Pertama, dia Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).Memiliki sumberdaya informasi melimpah. Punya otoritas tak terbatas dalam menerjemahkan keamanan dan keselamatan negara. Kedua, dia punya kedekatan politik dengan Megawati. Kita tahu pengaruh politik Megawati sangat besar saat ini. Partainya memenangi pemilu.Jokowi, sebagai petugas partai tunduk patuh kepada Megawati. 

Dengan begitu, BG memang menenuhi syarat  “orang yang layak berunding” dengan Prabowo. Soal “apa yang membuat Prabowo bersedia bertemu” dengan Jokowi. Biarkan ini menjadi misteri. Yang jelas dia muncul disaat yang tepat. Dan menjadi “prestasi” besar bagi Jokowi. Ini akan menjadi jalan pembuka, bila BG meninggalkan posnya yang sekarang. Dia bisa masuk di kabinet Jokowi. Atau terjun di partai politik.

BG ini tokoh yang ulet. Pernah gagal sebagai Kapolri. Takdir membawanya ke BIN. Dia menjadi bos disana. Tapi, saat ini jalan karirnya terbuka lebar. Tidak menutup kemungkinan dia menjadi calon Presiden dalam pemilu depan.

Siapa tahu jalannya takdir.

 

Tags:
banner 468x60