CABE, Catetan Babe (80): Menghormati Sidharta Gautama

CABE, Catetan Babe (80): Menghormati Sidharta Gautama
Ridwan Saidi, Budayawan




Oleh : Ridwan Saidi, Budayawan

Sumber: De Oude Culturen Azie, Afrika, Zuid Amerika. Lekturana, Rotterdam

Dinasti Hindu Gupta IV-VII M. Di akhir kuasa dinasti ini dari tubuh dinasti muncul Budha. Dinasti berserak ke China dan Sri Lanka, selain yang bertahan di India.

Sekitar VIII M Budha masuk Khmer dan daerah2 lain Indochina. X-XI M mereka masuk Jawa (Kediri). Jaman keemasan Khmer Kingdom XI M. Puncaknya era Purnawarman medio XIII M.

Datang Siyam Coda, agresi Siam. Khmer hancur dan Purnawarman wafat. Terjadi migrasi besar orang2 Cambodia dan bangsa2 Indochina lain, yang negrinya kena serangan Siam, ke Sumatera Jawa dan Kalimantan.

Dalam konteks ini sulit menempatkan Tarumanagara dan Sriwijaya dalam sejarah.




Kediri bisa itu (minor) power system Budha yang berdiri X/XI M lalu pecah: Jenggala dan Daha lalu mereka menggumpal dalam Singasari dan bubar pada 1293 lalu 1295 berdiri kerajaan moslem Caucasia Majapait yang dipimpin Raden (bhs Armen: Pemuka Agama) Wijaya (bhs Armen The Space) .

Yang ditokohkan dalam Budha adalah Sidhartha Gautama yang hidup pada abad VI SM. Ia banyak berada di Asia Barat, sementara ia sendiri berasal dari Asia Tengah.

Kala itu dunia teologi Asia Barat gempar karena terbitnya Book of Isaiah yang isinya menelanjangi teologi Yahudi. Yahudi naik darah, Isaiah yang konon bertinggi 140 cm diburu kian kemari, tapi selamat.

Isaiah dalam term Islam adalah Nabi Elyasa yang wafat dan dimakam di Iraq. Waktu saya di Iraq mendapat keterangan makam Nabi Elyasa di bawah genangan air. Juga makam Tuanku Raman seorang tokoh poros peradaban Melayu-Swahili IX M berada di bawsh genangan air di Batujaya Karawang.

Sidharta Gautama tentu mengerti peristiwa Isaiah ini. Dalam bahasa Armen namanya bermakna melambung tinggi. Ia sangat dihormati di Asia Tengah.

Selain di Kazakhtan, di Afghanistan terdapat patung Sidharta Gautama. Di Afghan patung Sidharta sangat besar (lihat photo).

Patung2 Sidharta di Asia Tengah sudah berdiri sebelum agama Budha pada VIII M. Ini semata penghormatan kepada tokoh besar sedarah Caucasia.

Dalam konteks ini juga harus ditempatkan posisi arca2 di candi Borobudur mengingat itu dibuat pebisnis di zona econ Semarang asal Samarkand. Wa ba’duHU. (RSaidi)

EDITOR : REYNA







banner 468x60