5 Galaksi Aneh di Alam Semesta

5 Galaksi Aneh di Alam Semesta
Galaxy Andromeda, lebih kecil dari Galaxy Bimasakti, tetapi dia kanibal, pemakan galaxy lainnya




Alam semesta memiliki sekitar 100 miliar hingga 200 miliar galaksi.

Zonasatu News  – Alam semesta memiliki sekitar 100 miliar hingga 200 miliar galaksi. Dengan jumlah sebanyak itu, tak heran jika astronom menemukan beberapa galaksi aneh di antaranya.

Sebagaimana dilansir laman Space.com dan dikutip Suara.com berikut ini ada lima galaksi aneh di alam semesta.

1. Berbentuk ubur-ubur

Terletak di konstelasi Triangulum Australe, galaksi yang disebut ESO 137-001 memiliki bentuk yang sama seperti ubur-ubur berenang di tengah lautan.

Galaksi spiral berpalang itu memiliki bintang-bintang yang membentuk bentuk spiral dengan ujung bintang yang tampak melayang seperti tentakel ubur-ubur.




Menurut NASA, bintang-bintang ini terbentuk di dalam ekor debu dan gas yang mengalir dari ESO 137-001. Proses pembentukan bintangnya sendiri masih menjadi misteri karena gas-gas di ekornya terlalu panas untuk terjadinya pembentukan bintang.

2. Tanpa materi gelap

Teleskop luar angkasa Hubble menemukan objek langit yang belum pernah dilihat sebelumnya pada 2018 lalu, yaitu sebuah galaksi yang hampir tidak memiliki materi gelap.

Materi gelap sendiri adalah materi misterius yang berinteraksi dengan gravitasi, tapi tidak dengan cahaya. Itu membentuk lebih dari total materi di alam semesta. Sehingga menemukan galaksi tanpa materi gelap sangat aneh.

Setahun kemudian, para ilmuwan menyebutnya sebagai NGC 1052-DF2 yang berjarak sekitar 42 juta tahun cahaya dari Bumi. Pengamatan itu telah dilaporkan pada 14 Maret 2019 dalam jurnal Monthly Notices dari Royal Astronomical Society.

3. Galaksi zombie

Galaksi masif yang berbentuk seperti cakram ini berputar dua kali lebih cepat dari galaksi. Disebut MACS 2129-1, galaksi ini rupanya belum terlalu aktif karena menurut Hubble, galaksi tersebut belum membuat bintang selama sekitar 10 miliar tahun.

Galaksi MACS 2129-1, tampak kuning sebelah kanan. Sebelah kiri galaxy Bimasakti

MACS 2129-1 akhirnya disebut sebagai “galaksi mati” karena bintang-bintang tidak lagi terbentuk di sana sehingga disamakan dengan zombie.

Galaxy MACS 2129-1, tampak kuning

Para ilmuwan percaya bahwa galaksi semacam ini terbentuk karena gabungan dengan galaksi yang lebih kecil dari waktu ke waktu dan menyebabkan bintang-bintang MACS 2129-1 tidak terbentuk dari penggabungan ledakan semacam ini.

4. Galaksi kanibal

Galaksi Andromeda, tetangga dari Bimasakti, baru-baru ini dijuluki sebagai galaksi kanibal karena telah melahap galaksi yang lebih kecil selama setidaknya 10 miliar tahun. Diprediksi, dalam 4,5 miliar tahun yang akan datang, Andromeda dan Bimasakti akan bertabrakan.

Galaxy Andromeda, lebih kecil dari Galaxy Bimasakti, tetapi dia kanibal, pemakan galaxy lainnya

Meski begitu, tidak ada kejelasan galaksi mana yang akan melahap galaksi lainnya.

5. Galaksi pencuri cahaya

Galaksi memang sering berinteraksi satu sama lain dengan bertabrakan dan menjadi bentuk baru atau mencuri bintang dari galaksi lainnya. Tapi, galaksi W2246-0526 dikenal sebagai galaksi paling terang di alam semesta karena mencuri cahaya dari galaksi lain.

Pada 2018, para ilmuwan mengumumkan bahwa galaksi W2246-0526 telah menyedot setengah massa dari tiga galaksi terdekatnya.

Editor : Setyanegara 







Tags: , , ,
banner 468x60