Alumni Teknik Kimia ITS Gelar “International Career Talk” Libatkan Ahli Semikonduktor Dan Process Engineering Dunia

Alumni Teknik Kimia ITS Gelar “International Career Talk” Libatkan Ahli Semikonduktor Dan Process Engineering Dunia
Tangkapan layar peserta ICT ALumni Teknik Kimia ITS seri 1 tahun 2020




ZONASATUNEWS.COM–Alumni Teknik Kimia ITS telah berhasil menggelar ICT(International Career Talk) series 1 dengan tema “How To Have A Career in Aboard As A Chemical Engineer“.

Acara yang digelar secara online itu diadakan pada hari Minggu (1/11/2020) tepat pada pukul 10.00 WIB,

“Ini merupakan acara sharing session dari alumni Teknik Kimia yang saat ini bekerja di luar negeri untuk sharing ke adik adik
mahasiswa Teknik Kimia ITS, Mahasiswa ITS, para alumni muda dan para alumni ITS serta masyarakat umum mengenai bagaimana seorang chemical engineer bisa berkarir di luar negeri khususnya di USA dan UAE,” ujar Lebda salah satu panitia acara kepada ZONASATUNEWS.COM via pesan singkat WA.

Masih menurut Lebda, pada seri 1 ini panitia mengundang 2 narasumber. Pertama, William Thie, alumni Teknik Kimia ITS Angkatan 1994 (K34) yang lulus tahun 1999,

“Kemudian dia melanjutkan Master in chemical engineering di Stanford University di Palo Alto California AS, mulai september 2000 hingga Januari 2002,” katanya.

William Thie, ahli semikonduktor di Lam Research Corporation di Fremont California AS




Pada tahun 2021 Stanford University menduduki peringkat ke-2 dunia sebagai World Class University.

Lebda menambahkan, setelah menyelesaikan program master degreenya Willam Thie bekerja sebagai Process Engineer di Lam Research Corporation di Fremont California mulai 2002 hingga saat ini.

“William bekerja di bidang industri semiconductor dan mempunyai keahlian (expertise) di bidang high aspect ratio etch, thin film deposition, surface preparation dan analysis,” jelas Lebda.

Narasumber ke 2 adalah Margono K Agung, alumni Teknik Kimia ITS Angkatan 1994 (K34), lulus tahun 1999. Dia memiliki pengalaman 20 tahun di bidang gas dan petrochemical industry.

Setelah lulus kuliah dia bekerja di Chandra Asri Petrochemical Centre sejak tahun 2000 hingga 2008 sebagai Process Engineer untuk memonitor performa studi engineering untuk Ethylene/olefin.

Margono K Agung, Ahli Process Engineerng ADNOC LNG Abu Dhabi

Pada Tahun 2008 dia berpindah ke Abu Dhabi National Oil Company – LNG plant (ADNOC LNG) UAE sebagai operation Engineer dengan system rotation (1 bulan On dan 1 bulan off) karena berada di remote area Das Island sekitar 160 KM dari Abu dhabi dan berada di tengah laut.

“Sejak tahun 2016 hingga saat ini beliau sebagai team leader Process Engineering yang bertanggung jawab untuk LNG Plant, sulphur recovery unit, utility dan gas processing plant untuk day to day monitoring, trouble shooting, process efficiency dan plant improvement study,” ungkap Lebda

Margono membawahi 14 orang process engineer dari berbagai negara seperti India, Indonesia,UAE Nasional, Eropa dan Afrika.

“Sehingga diversity dan team work sangat penting sekali,”kata dia.

Acara ICT seri 1 ALTEKIM ITS ini diadakan dengan media online melalui Zoom meeting dan dihadiri sekitar 65 orang yang terdiri dari Dosen Teknik Kimia ITS, Ketua ALTEKIM ITS beserta para pengurusnya, mahasiswa, alumni Teknik Kimia ITS berbagai angkatan, dan masyarakat umum.

Tangkapan layar peserta ICT ALumni Teknik Kimia ITS seri 1 tahun 2020

Lebda menerangkan Acara ICT ini diadakan sebulan sekali dan para pembicaranya adalah para alumni Teknik kimia ITS yang saat ini sedang bekerja di Luar Negeri baik sebagai Researcher, Engineer, Profesor, Associate Profesor sampai dengan level Direksi di perusahaan luar negeri.

Pada acara seri 1 ini dimoderatori oleh Cak Setiyo Gunawan S.T, Ph.D, yang merupakan Associate Professor di Department Teknik Kimia ITS.

“Acara ICT Altekim ITS ini melibatkan Dosen, Alumni dan Mahasiswa Teknik Kimia, untuk mempererat komunikasi dan silahturahmi semua stakeholders Teknik Kimia ITS. Diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar, dan bisa meningkatkan peran serta dan sumbangsih para mahasiswa dan alumni Teknik Kimia ITS untuk bangsa Indonesia, serta bisa berkiprah di kancah international,” ungkapnya.

Lebda menegaskan, Acara ICT seri 1 ALTEKIMITS ini disponsori oleh Air Products Indonesia, Petrokimia Gresik, PT. Phonna Teknologi Indonesia dan Royal Orchid Syariah Group.

“Serta kerjasama yang baik dengan Tim Publikasi ALTEKIM ITS yang dimotori oleh Cak Agung serta tim keseketariatan ALTEKIM ITS Ning Arum dan Ning Rani,” tegasnya.

EDITOR : SETYANEGARA







banner 468x60